6 Jenis Makanan untuk Mengencangkan Payudara

Kulinerresto.com –   Jaringan payudara sebagian besar terdiri dari sel lemak, jaringan kelenjar, dan ligamen. Seiring waktu payudara dapat mulai kehilangan elastisitasnya sehingga menjadi kendur. Kondisi ini dapat membuat sebagian wanita merasa cemas dan tidak percaya diri karena payudara dianggap sebagai bagian penting dari kecantikan wanita.

Namun, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan masalah payudara kendur ini. Konsumsi nutrisi yang tepat, termasuk makanan untuk mengencangkan payudara, merupakan cara terbaik untuk memperindah bentuk payudara Anda.

Macam-macam makanan untuk mengencangkan payudara

Baca juga : Mengenal Jumlah Kalori Nasi Goreng

Berikut ini adalah sejumlah makanan untuk mengencangkan payudara yang dapat Anda konsumsi secara rutin.

  1. Makanan yang mengandung vitamin A, C, D, dan E

Mengonsumsi makanan kaya vitamin A, C, D, dan E dapat membantu mengencangkan payudara. Bukan hanya itu, vitamin-vitamin tersebut dapat melindungi dari beragam kondisi yang dapat merusak keindahan payudara.

  • Vitamin A dan C

Vitamin A dan C dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, termasuk di antaranya melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memperlambat pertumbuhan payudara. Makanan yang kaya akan vitamin A dan C, yakni brokoli, paprika, mangga, dan tomat.

  • Vitamin D

Selain membantu penyerapan kalsium, vitamin D membantu pengodean genetik yang dapat mendorong pertumbuhan payudara secara sehat, meningkatkan kekencangan otot, memperbaiki jaringan yang rusak, dan menurunkan risiko kanker payudara.

Makanan untuk mengencangkan payudara dengan kandungan vitamin D adalah ikan salmon, daging merah, kuning telur, hingga susu.

  • Vitamin E

Vitamin E berfungsi dalam melindungi payudara dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini, termasuk payudara yang mengendur. Makanan untuk mengencangkan payudara yang kaya akan vitamin E, di antaranya biji bunga matahari, kacang almond, alpukat, dan hazelnut.

  1. Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan brokoli, kaya akan fitoestrogen yang dikenal mampu membantu meningkatkan jaringan payudara.

Selain itu, sayuran hijau umumnya kaya akan zat besi, kalsium, dan antioksidan. Maka tidak hanya sebagai makanan untuk mengencangkan payudara saja, sayuran ini juga bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

  1. Produk olahan kedelai

Produk-produk olahan kedelai termasuk dalam makanan untuk mengencangkan payudara. Kedelai kaya akan isoflavon yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan payudara dan membantu menyingkirkan sel kanker. Oleh karena itu, Anda dapat menambahkan tempe, tahu, atau edamame ke dalam menu makanan sehari-hari.

  1. Makanan laut

Sejumlah makanan laut, seperti udang, tiram dan kerang, mengandung senyawa mangan yang dapat mendorong estrogen dan meningkatkan pertumbuhan jaringan payudara.

Baca juga : 8 Jus Buah yang Ampuh Atasi Tekanan Darah Tinggi

  1. Biji-bijian

Jenis biji-bijian yang digolongkan sebagai makanan untuk mengencangkan payudara, di antaranya:

  • Biji labu
  • Biji bunga matahari
  • Biji rami
  • Biji adas manis.

Biji-bijian di atas dapat meningkatkan kadar estrogen alami dalam tubuh sehingga mampu mengencangkan payudara. Biji-bijian ini juga memiliki sifat antioksidan yang dapat menyehatkan tubuh, termasuk payudara. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan atau menaburkannya di atas salad.

  1. Kacang-kacangan

Kacang dapat disebut sebagai makanan untuk mengencangkan payudara karena kaya akan protein dan lemak baik. Konsumsi kacang-kacangan, seperti mete, kenari, almond dan kacang tanah, dapat membantu mengencangkan dan memperbesar ukuran payudara secara normal.

Selain bermanfaat untuk payudara, kacang-kacangan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung Anda.