7 Manfaat Air Bawang Putih yang Menyehatkan untuk Tubuh

Kulinerresto.com – Tak hanya sebagai penambah rasa makanan, manfaat bawang putih rupanya juga bisa didapatkan dari air rebusannya. Selain dianggap berpotensi membantu meredakan gejala flu, air bawang putih juga memiliki banyak manfaat lain mulai dari mencegah infeksi hingga menurunkan tekanan darah.

Manfaat air bawang putih untuk kesehatan

Berikut ini manfaat air bawang putih untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan.

  1. Membantu meredakan gejala flu

Air rebusan bawang putih yang biasanya disajikan hangat, dianggap bisa membantu melegakan tenggorokan dan saluran pernapasan. Oleh karena itu, mengonsumsinya sebagai salah satu cara alami untuk meredakan gejala flu.

  1. Mencegah infeksi

Ekstrak bawang putih mengandung suatu zat yang dinamakan allisin. Senyawa ini dapat mencegah infeksi karena sifatnya yang dinilai berpotensi menghambat pertumbuhan virus, bakteri, protozoa, dan jamur.

Baca juga : 6 Jenis Makanan untuk Mengencangkan Payudara

  1. Meredakan peradangan di tubuh

Bawang putih mengandung senyawa flavonoid dan saponin, sehingga membuat rempah yang satu ini dinilai bermanfaat untuk meredakan peradangan atau inflamasi di tubuh.

  1. Menyembuhkan luka bakar derajat II

Sebuah uji coba dilakukan pada hewan uji untuk melihat kemampuan ekstrak air bawang putih untuk menyembuhkan luka bakar. Hasilnya, bahan tersebut terbukti efektif untuk mempercepat penyembuhan luka bakar derajat II setelah dioleskan dalam jangka waktu tertentu.

Luka bakar derakat II biasanya dicirikan dengan kerusakan yang melibatkan lapisan paling atas kulit (epidermis) dan lapisan di bawahnya (dermis). Ciri luka bakar pada tingkat keparahan ini adalah kulit melepuh, bengkak, dan merah yang terasa nyeri.

Meski begitu, perlu diingat bahwa air bawang putih yang digunakan dalam penelitian ini perlu diolah dengan cara khusus. Penelitian lebih lanjut juga masih perlu dilakukan untuk melihat manfaat tersebut secara langsung pada manusia.

  1. Menyembuhkan sariawan

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, ekstrak air bawang putih terbukti dapat membantu mempercepat penyembuhan luka di rongga mulut.

Pada penelitian tersebut, ekstrak air bawang putih dibuat dalam bentuk gel dan dioleskan pada area rongga mulut yang mengalami luka. Bahan tersebut kemudian terbukti bisa mengurangi diameter luka setelah beberapa kali pemakaian.

  1. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi air bawang putih juga dinilai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi, berisiko memicu gangguan pada jantung dan tekanan darah.

  1. Mengandung antioksidan

Kandungan flavonoid yang ada pada bawang putih juga merupakan salah satu jenis antioksidan. Antioksidan berguna bagi kesehatan, karena membantu mencegah terjadinya kerusakan sel yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Baca juga : Mengenal Jumlah Kalori Nasi Goreng

Perlu diingat bahwa meski manfaat air bawang putih di atas terlihat menggiurkan, hingga saat ini belum ada jumlah penelitian yang memadai untuk mengonfirmasi manfaatnya secara klinis.

Anda tidak disarankan untuk menggunakan air bawang putih sebagai pengobatan utama. Tetaplah berkonsultasi ke dokter apabila merasakan gejala penyakit tertentu.

Apa efek samping mengonsumsi bawang putih?

Secara umum, air bawang putih aman untuk dikonsumsi selama jumlahnya tidak berlebihan dan dilakukan sesuai dengan dosis dan aturan yang dianjurkan. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati, karena efek samping bisa saja muncul sewaktu-waktu.

Berikut ini efek samping air bawang putih yang dapat muncul apabila dikonsumsi secara berlebihan.

  • Bau mulut
  • Perut dan mulut terasa panas
  • Nyeri ulu hati
  • Penumpukan gas di perut
  • Mual dan muntah
  • Bau badan
  • Diare

Risiko efek samping di atas akan semakin tinggi apabila Anda mengonsumsi bawang putih mentah. Pada beberapa orang, mengonsumsi bawang putih berlebihan juga bisa meningkatkan risiko perdarahan.

Anda juga perlu memperhatikan tanda-tanda alergi bawang putih yang mungkin muncul, seperti:

  • Gatal-gatal
  • Bentol di kulit
  • Tenggorokan terasa serak
  • Bengkak di tenggorokan dan wajah
  • Sesak napas

Apabila gejala alergi mulai muncul setelah Anda mengonsumsi air bawang putih, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.