Aneka Makanan Khas Jambi

Aneka Makanan Khas Jambi

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, utamanya di Pulau Sumatera, kota Jambi tentu memiliki segudang kuliner lezat yang siap kamu santap ketika sedang melancong ke sana. Mulai dari sajian ikan, buah, hingga kue-kue lezat nan legit, semua ada di kota yang kaya akan budaya ini. Apa saja makanan khas Jambi ini?

Aneka Sajian Seafood

Sebagai salah satu kota yang dekat dengan laut, tentu makanan khas Jambi banyak yang berbahan dasar ikan. Cara mengolahnya pun bermacam-macam, mulai dari dimasak dengan kuah hingga dibuat sate. Jenis ikan yang digunakan rata-rata adalah ikan air tawar yang terkenal lezat untuk lidah orang Indonesia seperti kamu, lho.

  1. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan

Meski merupakan makanan adat, namun gulai tepek ikan kini bisa dinikmati siapa saja di Jambi. Makanan khas Jambi ini dulu umumnya disediakan saat acara adat di tempat tersebut, seperti acara pernikahan atau keagamaan, namun kini kamu bisa menikmatinya di berbagai tempat tanpa harus menunggu acara khusus.

Baca Juga : Cara Membuat Kulit Risoles

Makanan berkuah ini dibuat dari tepek ikan (yang bisa dibilang mirip pempek Palembang) dan kemudian dipadu dengan kuah gulai. Rasanya khas Indonesia, karena memiliki campuran rempah yang sangat banyak. Plus, kamu juga bisa menikmatinya dengan nasi. Satu porsi gulai tepek ikan bisa kamu santap bersama dua atau tiga orang sekaligus.

  1. Cumi Cah Kangkung

Cumi Cah Kangkung

Sajian laut yang cukup populer di Jambi ini merupakan campuran dari cumi dan kangkung yang ditumis hingga harum. Cumi cah kangkung ini tidak hanya lezat kamu santap bersama nasi, tetapi juga disantap apa adanya karena rasanya yang kaya dan kandungan sayurnya yang membuat kamu cepat kenyang.

Salah satu makanan khas Jambi ini merupakan campuran kangkung yang dibumbu rempah kemudian ditumis bersama cumi segar. Penggemar seafood tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini, ya!

  1. Otak-otak

Otak-otak

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Komplit

Salah satu olahan laut lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan di Jambi adalah otak-otak. Otak-otak yang dibuat dari ikan dan dibalut dengan aneka rempah lalu disantap dengan sambal khas ini juga cukup populer di Jambi. Umumnya, disajikan sebagai makanan sampingan dan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Ketika kamu memilih otak-otak ini sebagai oleh-oleh, jangan lupa untuk membeli sambalnya juga agar rasa makanannya makin nendang. Namun karena makanan ini cepat basi, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya lebih dari tiga hari setelah pembelian.