Aneka Ragam Makanan Khas Thailand

Aneka Ragam Makanan Khas Thailand – Thailand adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan wisata pantai dan ribuan bangunan pagoda. Nggak hanya itu, Negeri Seribu Pagoda ini juga memiliki ragam kuliner lezat dengan cita rasa kaya akan rempah-rempah.

Kamu akan dibuat terkejut saat menyantap makanan khas Thailand yang menggabungkan rasa pedas, asam, gurih, manis, dan asin di dalam satu sajian. Jika suatu saat kamu berkunjung ke Thailand, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner terlezat ini.

Berikut Aneka Ragam Makanan Khas Thailand Yang Wajid Anda Coba

  1. Tom Yum

Tom Yum

Kelezatan rasa tom yum memang sudah sangat melegenda. Tom yum adalah jenis sop seafood yang disajikan bersama dengan kuah yang kental dan kaya akan rasa. Bahan utama dari makanan ini didominasi dengan rempah-rempah seperti jeruk nipis, saos ikan, serai, laos, dan cabai. Sedangkan kuahnya terbuat dari kaldu seafood dan jamur yang menggoyang lidah. Cita rasa gurih, asin, pedas, dan sedikit asam akan sangat memanjakanmu.

Tom yum terbagi menjadi 2 jenis kuah, yaitu kuah bening dan kuah santan. Kuah  Tom Yum bening memberikan efek menyegarkan yang membuatnya cocok untuk disantap untuk makan siang. Sedangkan tom yum kuah santan memiliki rasa yang lebih kental dan gurih.

  1. Tom Kha Kai

Tom Kha Kai

Mungkin kamu lebih menggemari rasa sup Thailand dengan rasa pedas yang lebih kental? Tom kha kai dengan kuah pedasnya dijamin akan membuat lidahmu terkejut! Tom kha kai adalah hidangan sop ayam bersantan kental dengan rasa pedas yang membakar lidah.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Selatan

Sekilas, rasa tom kha kai memang sedikit mirip dengan tom yum. Terutama dari rasa daun jeruk yang memberikan aroma segar di dalamnya. Tapi, level kepedasan tom kha kai jauh lebih intens dibandingkan tom yum. Ini dikarenakan masyarakat Thailand sering menambahkan cabai dalam jumlah yang sangat banyak.

Sehingga jika kamu tidak terlalu menyukai rasa pedas, sup satu ini mungkin terasa too much untukmu. Perbedaan lainnya yang mendasar adalah Tom Kha Kai biasanya disajikan dengan suwiran ayam yang menambah rasa gurih. Sajian sup santan ini cocok banget kamu nikmati saat musim hujan atau di malam hari yang dingin.

  1. Kaeng Phet

Kaeng Phet

Kari merupakan salah satu hidangan andalan yang sangat khas di Thailand, salah satunya adalah khaeng phet. khaeng phet adalah sajian kari merah yang dihidangkan dengan rasa pedas yang menggoda. Rasa pedas yang luar biasa dari hidangan ini merupakan hasil dari campuran cabai merah kering.

Selain itu, kari daging dengan kuah kental ini juga menggunakan bumbu rempah-rempah lainnya seperti bawang merah, bawang putih, terasi, jintan putih, lada, serai, dan lain sebagainya. Sup kari bersantan ini disajikan bersama dengan irisan daging ayam, sapi, atau babi, potongan terong, tahu, labu, sosis, dan rebung. Bahkan beberapa restoran atau kedai menyajikan kari merah ini dengan tambahan irisan nanas yang menyegarkan!

  1. Gaeng Daeng

Gaeng Daeng

Buat kamu yang tidak terlalu menyukai rasa pedas yang intens dari Khaeng Phet, mungkin akan menyukai gaeng daeng. Hidangan kari ayam merah ini terdiri dari irisan daging ayam yang gurih dan disiram oleh kuah santan kelapa yang dicampur dengan gula palem dan saus ikan.

Baca Juga : 3 Resep Sayur yang Gampang dan Praktis

Kamu akan dapat merasakan sensasi rasa asin, gurih, dan manis di saat yang bersamaan tanpa merasa overwhelmed. Beberapa bahan tambahan biasanya turut disajikan di dalam kuah kari tersebut, antara lain irisan rebung muda dan potongan nanas yang menyegarkan. Gaeng daeng biasanya dihidangkan sebagai lauk pendamping nasi.

  1. Kaeng Khiao Wan

Kaeng Khiao Wan

Selain kari berkuah merah, Thailand juga memiliki kaeng khiao wan atau kari berkuah hijau. Warna hijau tersebut dihasilkan dari cabai hijau yang memiliki intensitas rasa pedas yang lebih mellow dibandingkan kari kuah merah. Rasa dari kari ini juga cenderung menonjolkan rasa manis dan gurih.

Kari kaeng khiao wan terdiri dari daging ikan, daging sapi atau daging babi dan irisan terong yang diguyur dengan kuah santan dengan citarasa rempah-rempah. Bahkan beberapa jenis buah-buahan (umumnya nanas) juga turut dicampurkan ke dalamnya. Kaeng khiao wan biasanya disajikan dengan tingkat kekentalan yang bervariasi.

  1. Kaeng Massaman

Kaeng Massaman

Walaupun kari satu ini memiliki nama Thailand, surprisingly hidangan satu ini bukan berasal dari Negeri Gajah Putih. Kaeng massaman atau kari massaman merupakan hidangan asal dataran Timur Tengah yang dibawa dan diimprovisasi oleh masyarakat Thailand. Dibandingkan dengan jenis kari Thailand lainnya, kari Massaman memiliki rasa rempah-rempah yang lebih ‘berat’.

Cita rasa rempah seperti cengkeh, kapulaga, pala, jintan, dan daun salam sangat terasa dan berpadu sempurna dengan kuah santan kental yang gurih. Citarasa daging ayam yang lembut dan seakan lumer di mulut pun semakin menambah kenikmatan.