Beberapa Istilah Makanan yang Mengandung Babi

Banyak orang bilang kalau makanan yang dibuat atau mengandung daging babi memiliki rasa yang lebih lezat jika dibandingkan dengan jenis daging yang lainnya. Namun, karena di Indonesia mayoritas penduduknya adalah muslim dan daging babi diharamkan bagi mereka, maka tidak semua orang bisa menyantap daging babi dengan bebas.

Nah, untuk kamu yang memang tidak mengonsumsi daging babi, ada baiknya lebih cermat lagi dalam memilih menu makanan mulai dari sekarang. Daging babi ini tergolong daging yang sangat jarang dijumpai di pasaran, karena biasanya hanya tersedia di supermarket. Sebagai langkah awal, kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu pada pelayannya, apakah makanan yang tersedia di sana mengandung daging babi atau tidak. Berikut ini adalah beberapa istilah dalam makanan yang mengandung daging babi yang wajib kamu pahami agar nantinya tidak salah pilih.

  1. Pork

Pork

Istilah pertama dan tentunya bisa dengan mudah kamu pahami dan temui adalah pork. Salah satu contoh menunya adalah Crispy Pork Belly Sambal Matah yang ada di Bago Jakarta ini. Nah, dari namanya saja sudah kelihatan kan kalau makanan ini terbuat dari daging babi?

  1. Bacon

Bacon

Kemudian ada juga istilah bacon yang banyak dipakai sebagai sebutan daging babi yang diasapkan. Salah satu contohnya adalah Waffles with Bacon & Maple Syrup yang ada di St.Ali Jakarta. Menu ini adalah menu waffle yang diatasnya diberi irisan bacon babi. Jangan sampai salah pilih, ya!

  1. Swine

Swine

Lalu ada istilah swine, yaitu sebutan untuk daging babi dari semua jenis babi yang ada. Menu ini bisa kamu temukan di H Gourmet & Vibes.

baca juga : Makanan Khas Jawa Timur

  1. Char Siu

Char Siu

Kalau kamu biasa melihat potongan daging berwarna merah muda dan banyak disajikan di lapo, ini namanya char siu. Makanan ini terbuat dari daging babi yang dimasak merah atau biasanya juga dipakai untuk menu barbecue. Kalau kamu menemukan makanan dengan nama char siu di dalamya, kemungkinan besar makanan ini mengandung babi.

  1. Cu Nyuk

Cu Nyuk

Memang istilah ini terdengar lucu. Biasanya jenis masakan daging babi ini banyak ditemukan dalam makanan seperti bubur dan siomay. Banyak lho yang tidak tau kalau Cu Nyuk adalah sebutan untuk daging babi dalam masakan siomay, sehingga banyak orang yang memakannya.

baca juga : Lima Makanan Khas Tokyo

  1. Dwaeji

Dwaeji

Dalam bahasa Korea, daging babi disebut dengan nama dwaeji. Biasanya, daging babi ini banyak ditemukan dalam menu makanan seperti bulgogi atau galbi. Buat yang suka makan makanan khas Korea dan memang tidak makan daging babi, jangan sampai salah pesan menunya, ya! Masih banyak kok menu lainnya yang menggunakan daging ayam dan sapi.