Beberapa jenis Es Krim Populer di Dunia

Es krim merupakan makanan favorit bagi tiap orang. Begitu pun bagi orang-orang di seluruh belahan dunia. Berikut beberapa jenis es krim khas serta populer di negara-negara berbeda. Ada beberapa es yang populer di Indonesia juga, lho.

  1. Gelato — Italia

Gelato

Dalam bahasa Italia, gelato berarti ‘beku’. Jika dilihat sekilas, es krim dengan gelato memang mirip, apalagi sama-sama pakai cone. Tapi ternyata, secara proses pembuatan dan tekstur berbeda. Kandungan gelembung udara pada es khas Italia ini tidak sebanyak es krim. Itulah yang membuat gelato punya tekstur yang lebih padat.

Selain itu, bahan utamanya juga beda yaitu dari susu dan kandungan lemak susu 15% yang terbilang cukup rendah. Gelato juga tidak memakai krim sama sekali. Jadi, untuk kamu yang menghindari makanan berlemak, gelato adalah pilihan yang tepat. Gelato juga populer lho, di Indonesia. Banyak gerai yang menjual makanan dingin ini di berbagai kota.

baca juga : Makanan Khas Lampung yang Terkenal

  1. Es krim mochi — Jepang

Es krim mochi

Banyak orang yang telah mengenal kue mochi, tetapi sebenarnya kue mochi ini berasal dari Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk menjadi lembut dan lengket. Disitulah kata mochi berasal, yaitu artinya kue beras. Mochi berbentuk bulatan yang memiliki isian yang beragam. Hidangan khas Jepang ini umumnya disuguhkan pada saat perayaan tradisonal mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Di Indonesia yang terkenal adalah kue mochi dari daerah Sukabumi dan Bandung. Bahkan, kini terdapat produsen es krim menjual varian es krim mochi di Indonesia, lho.

  1. Kulfi — India

Kulfi

Kulfi atau es krim khas India dan Pakistan merupakan sajian es manis kaya rasa yang cocok dinikmati saat cuaca panas.  Hidangan ini terbuat dari susu segar dan gula yang direbus di atas api kecil. Kulfi yang dijajakan di gerobak kaki lima biasanya ditempatkan di wadah khusus terbuat dari tembikar bernama matka yang berisi es batu dan garam agar tidak mudah meleleh. Terdapat pula varian rasa yang tidak biasa, yaitu mangga, vanili, dan mawar. Penyajiannya pun sangat unik, yaitu menggunakan selembar daun atau stik kemudian ditaburi rempah-rempah seperti cardamom, saffron, kacang pistachio, dan sirup mawar. Ada juga falooda kulfi, yaitu kulfi yang disajikan dengan taburan bihun di atasnya.

  1. Frozen Yogurt — Amerika Serikat

Frozen Yogurt

Yogurt merupakan minuman yang lezat nan sehat. Bahkan, di Amerika Serikat yogurt beku menjadi makanan khas. Cara membuatnya juga gampang, tinggal membekukan yogurt di lemari pendingin dan dapat disajikan bersama salad buah serta selai sebagai sausnya. Yogurt beku yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca.

baca juga : Makanan Khas Jawa Timur

  1. Es Puter — Indonesia

Es Puter

Tahukah kamu bahwa es puter merupakan makanan khas kita yang telah menjadi identitas Indonesia? Es yang biasa ditemukan di depan sekolah-sekolah hingga di resepsi pernikahan ini menjadi primadona masyarakat Indonesia karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Penyajian es yang diputar, sesuai dengan namanya, menjadi ciri khas tersendiri dan tidak dapat ditemukan di negara manapun!