Beberapa Jenis Rujak Yang Bikin Ngiler

Indonesia dikenal kaya akan kulinernya yang nikmat, salah satunya rujak. Makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari campuran sayur atau buah yang segar dengan guyuran bumbu pedas yang menggugah selera. Bahkan, dapat kita temukan berbagai jenis rujak di berbagai daerah dengan cita rasanya masing-masing. Yuk, kita intip berbagai jenis rujak yang patut kalian coba.

Rujak Juhi

Rujak Juhi

Siapa yang tidak kenal rujak juhi? Kuliner khas betawi ini sudah menjadi populer di Jakarta. Serupa dengan gado-gado, bedanya rujak ini menggunakan juhi sebagai bahan utamanya. Rujak ini Juhi adalah sebutan untuk hewan laut sejenis cumi atau sotong. Juhi sendiri merupakan cumi yang telah difermentasikan hingga kering.

baca  juga : Membuat Bumbu Rendang Enak dan Praktis

Nama Juhi sendiri berasal dari bahasa Cina yang kemudian diteruskan oleh masyarakat Betawi. Selain juhi yang gurih, rujak ini dilengkapi dengan kol, kentang, mie kuning, selada, dan timun. Untuk menambah cita rasa, rujak ini disiram dengan bumbu saus kacang yang segar dan taburan kerupuk sebagai pelengkap.

Rujak Cingur

Rujak Cingur

Rujak khas Jawa Timur ini memang tak dapat diragukan lagi kenikmatannya. Cingur sendiri merupakan sebutan untuk moncong atau mulut sapi yang direbus. Rujak yang berisi irisan moncong sapi, bengkoang, timun, mangga muda, nanas, kedondong, timun, tahu, tempe, sayur-sayuran dan lontong. Rujak ini dinikmati bersamaan dengan bumbunya yang terdiri dari petis udang, gula merah, cabai, kacang tanah, bawang goreng, garam dan pisang klutuk.

Rujak Buah

Rujak Buah

Rujak yang satu ini adalah rujak yang umumnya kita temukan pada penjual rujak pinggir jalan. Biasanya, para penikmat rujak dapat memilih variannya antara rujak potong atau rujak serut. Rujak ini terdiri dari berbagai macam buah seperti mangga, jambu, nanas, ubi merah, bengkoang, belimbing, kedongdong, dan lain sebagainya. Tak lupa, ditambah bumbu kacang yang pedas, disertai gula aren, garam, terasi, yang diulek hingga halus. Rujak ini cocok dinikmati disaat cuaca sedang panas terik.

Rujak Bebeg

Rujak Bebeg

Rujak bebeg atau dikenal dengan sebutan bebeuk merupakan salah satu rujak yang proses pembuatannya dikenal unik yaitu dibebeg atau ditumbuk. Rujak khas Jawa Barat ini menjadi salah satu jenis rujak yang diidolakan orang Indonesia, khususnya bagi ibu yang sedang hamil.

baca juga : Resep Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap

Buah yang digunakan biasanya tergolong keras seperti mangga, jambu, mentimun, pepaya muda, bengkoang, kedondong, nanas muda dan ubi. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Aneka buah yang telah dipotong kecil-kecil kemudian di tumbuk didalam alu kayu bersamaan dengan bumbunya. Bumbunya terdiri dari gula merah, pisang batu, cabai, garam, terasi, dan air asam.

Rujak yang terkenal asam-pedas biasanya disajikan diatas daun pisang atau cup kecil. Sendoknya pun terbuat dari daun pisang. Rujak ini biasanya dijajakan oleh penjual rujak pikulan. Sudah pasti, keberadaan rujak ini selalu dinanti karena kesegarannya.