Beberapa Makanan Khas Gorontalo yang Menggoyang Lidah

Setiap daerah tentu mempunyai makanan khas masing-masing. Baik itu makanan yang diwariskan sejak dulu maupun makanan baru hasil olahan rakyat setempat. Apapun itu, makanan khas daerah terbukti mampu berikan cita rasa dan sensasi tersendiri kepada setiap lidah pencicipnya.

Seperti halnya daerah lain, Gorontalo pun memiliki sejumlah makanan khas yang patut untuk di coba. Meskipun tidak terlalu terkenal layaknya makanan Jawa, hasil masakan asli daerah ini tak boleh di pandang sebelah mata. Nah, supaya kamu tidak penasaran, berikut ini 7 macam makanan khas Gorontalo yang tentunya patut kamu cicipi saat kamu tengah berada di Gorontalo.

  1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta

Jika diartikan satu per satu, maka binte berarti jagung sedangkan biluhuta berarti siraman. Artinya binte biluhuta adalah jagung siram atau bisa juga dikatakan sup berisi jagung. Binte biluhuta di buat dengan mencampurkan sejumlah pipilan jagung dan sobekan ikan tuna serta parutan kelapa yang kemudian diberi bumbu garam dan perasan jeruk nipis.

baca juga : Cara Membuat Es Timun Suri

Binte biluhuta sendiri merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Gorontalo yang seringkali disajikan di waktu malam. Bagi kamu yang ingin mencicipinya, kamu bisa mengunjungi beberapa restoran makanan khas Gorontalo atau ke warung-warung kecil yang tersebar di wilayah Gorontalo.

  1. Ilabulo

Ilabulo

Walaupun sekilas nampak seperti pepes, ilabulo sejatinya dibuat dari campuran sagu dan ati ampela. Seringkali masyarakat Gorontalo meyajikan menu makanan ini sebagai lauk pauk pada  acara-acara tradisional yang diadakan. Berhubung jajanan tradisional Gorontal yang satu ini memiliki kandungan minyak yang tinggi, serbet lap tangan atau tissue jelas akan sangat diperlukan setelah kamu menyantap ilabulo.

  1. Ayam bakar iloni

Ayam bakar iloni

Menggunakan ayam sebagai bahan utama  pada sebuah menu hidangan tradisional mungkin sudah sering kita temukan. Meskipun begitu, tetaplah cita rasa yang dihasilkan pastilah akan berbeda bergantung pada racikan bumbu dan cara pengolahan hidangan tersebut. Seperti halnya menu ayam bakar iloni yang merupakan salah satu hidangan favorit khas daerah Gorontalo yang kerap disantap bersama dengan semangkuk nasi hangat dan kangkung cah.

baca juga : Cara Membuat Salad Sayur Ayam dan Keju

Perbedaan hidangan khas Gorontalo yang satu ini dengan menu ayam panggang lainnya yaitu terletak pada cara pengolahannya. Jika pada menu lain ayamnya langsung dipanggang tepat setelah dibersihkan, maka pada proses pembuatan ayam bakar iloni, ayamnya mesti dicampuri bumbu khas terlebih dahulu dan direndam menggunakan santan sampai benar-benar meresap. Setelah itu baru bisa masuk proses pemanggangan dan siap untuk disantap. Percaya deh, campuran bumbu khas yang ada pada hidangan ayam bakar iloni ini dijamin bisa bikin kamu ketagihan.