Beberapa Makanan Khas India

India dikenal sebagai salah satu negara yang punya banyak ragam kuliner. Makanan khas India juga sudah diterima global. Jadi enggak susah menemukan makanan India di beberapa negara. Biasanya restoran-restoran India di luar negeri menyediakan menu favorit seperti masakan India ini. Mulai dari makanan pokok India seperti nasi biryani sampai camilan khas India seperti panipuri.

  1. Biryani

Biryani

Banyak sebutan untuk salah satu makanan khas India yang terkenal hampir di seluruh dunia. Ada yang menyebutnya biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani. Walaupun punya banyak nama nasi biryani ini salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar sampai kapulaga. Satu hal yang enggak boleh lepas dari nasi briyani adalah beras basmati yang punya ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering.

baca juga : Resep Membuat Ayam Kecap pedas Manis

  1. Butter Chicken

Butter Chicken

Butter chicken juga salah satu makanan khas India favorit yang bisa kamu temukan dimana-mana. Masakan khas India ini bukan ayam mentega seperti yang ada di sajian khas Cina. Makanan yang satu ini lebih mirip dengan kare ala Jepang yang penuh dengan rempah. Menu yang satu ini pasti selalu bisa kamu temukan di restoran yang menjual makanan India.

  1. Idli

Idli

Idli sangat populer sebagai menu sarapan di India Selatan. Bentuk idli ini menyerupai pancake atau mirip dengan serabi ala Indonesia. Idli terbuat dari fermentasi lentil dan beras yang dikukus dan biasanya dimakan bersama dengan kari sayuran pedas.

  1. Gulab Jamun

Gulab Jamun

India sangat terkenal dengan berbagai makanan manis atau pencuci mulut. Salah satunya adalah gulab jamun yang punya rasa sangat manis. Gulab jamun ini terbuat dari adonan yang terbuat dari susu dan dibentuk bulat. Untuk mebambah rasa manis gulab jamun direndam dalam sirup gula yang sangat manis.

  1. Kathi Roll

Kathi Roll

Street food atau jajanan kaki lima juga sangat terkenal di India, makanan yang dijajakan juga sangat beragam mulai dari makanan berat sampai camilan. Kathi roll salah jajanan kaki lima yang paling terkenal ini punya rasa yang sederhana dan rasanya bisa diterima oleh siapa saja. Kathi roll ini mirip dengan kebab ala timur tengah yang membuat beda adalah roti yang membungkusnya. Kathi roll menggunakan paratha sejenis flat bread atau roti India.

baca juga : Wisata Kuliner Malam di Jakarta

  1. Gajar halwa

Gajar halwa

Makanan penutup ini juga sangat populer lho, terbuat dari parutan wortel gajar halwa punya rasa unik. Bayangkan saja setelah menyantap makanan India yang penuh bumbu, kamu menutupnya dengan hidangan manis yang terbuat dari wortel yang dicampur susu kental manis.