Beberapa Makanan Khas Sulawesi Utara

Beberapa Makanan Khas Sulawesi Utara – Berbicara mengenai jenis makanan yang ada di Indonesia sepertinya tidak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki makanan khas masing-masing, tak terkecuali Sulawesi Utara. Makanan khas provinsi yang beribu kota Manado ini memang sayang untuk dilewatkan.

Terletak di pesisir lautan, jangan heran bila makanan khas Sulawesi bagian utara ini didominasi oleh olahan laut atau daging yang memiliki cita rasa pedas. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan makanan khas Sulawesi Utara, dan sudah baca makanan khas Sulawesi Selatan disini, yuk kita lihat rekomendasinya.

Berikut Beberapa Makanan Khas Sulawesi Utara yang Dapat Anda nikmati

  1. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Makanan khas pertama yang terbuat dari ikan yang wajib untuk dinikmati adalah cakalang fufu. Bagi kamu yang sudah pernah ke Sulawesi Utara tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Banyak juga yang mengenal cakalang sebagai ikan tongkol, namun dengan ukuran lebih besar.
Baca Juga : Cara Membuat Onde-Onde yang Enak

Daging cakalang fufu sering juga dimasak dengan bumbu rica yang memiliki rasa pedas dan gurih. Makanan khas pinggir laut ini bisa dengan mudah kamu temukan saat berkunjung ke Sulawesi Utara. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh karena terbilang tahan lama dan tidak mudah busuk.

  1. Mie Cakalang

Mie Cakalang

Makanan khas Sulawesi Utara selanjutnya yang juga selalu dicari oleh para wisatawan adalah Mie Cakalang. Bagi kamu yang berkunjung ke sana, sangat disayangkan jika tidak mencoba makanan khas yang satu ini.

Biasanya Mie Cakalang sering dijadikan sebagai sajian sarapan untuk masyarakat setempat. Selain disajikan dengan bubur Manado, masyarakat setempat juga menyajikan makanan ini bersama dengan sambal agar rasanya lebih lezat dan nikmat.

  1. Nasi Jaha

Nasi Jaha

Nasi Jaha menjadi kuliner khas yang jika dilihat secara tampilan hampir sama dengan nasi lemang khas Sumatera. Nasi jaha sendiri merupakan kuliner khas Sulawesi Utara yang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan dan rempah-rempah pilihan. Sementara untuk proses memasaknya dimasukkan ke dalam sebilah bambu yang sebelumnya telah dilapisi dengan daun pisang agar rasanya lebih nikmat.

  1. Bubur Manado

Bubur Manado

Berkunjung ke Manado kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas yang satu ini. Tahukah kamu, bubur Manado atau biasa disebut tinutuan menjadi salah satu makanan khas yang sangat populer di Sulawesi Utara.

Baca Juga : Nikmatnya Masakan Kari Ayam dari Berbagai Negara

Biasanya dalam penyajian bubur ini dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti bayam, kangkung, kemangi dan lain sebagainya. Agar rasanya semakin nikmat dan sesuai dengan lidah masyarakat Sulut maka mereka menyajikannya dengan sambal roa atau ikan cakalang.

  1. Brenebonn

Brenebonn

Seperti yang sudah disebutkan di atas, brenebonn merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang banyak dijumpai di daerah Minahasa. Biasanya dalam penyajian sup ini sudah dicampur dengan kuah kaldu daging dan beberapa rempah pilihan. Di Manado sendiri terdapat dua jenis brenebon yakni brenebon kacang merah dan brenebon daging babi.

  1. Dodol Amurang

Dodol Amurang

Satu lagi jajanan khas dari Sulawesi Utara yang wajib untuk kamu bawa pulang saat liburan ke sana adalah Dodol Amurang. Sekilas untuk rasanya hampir sama dengan jenang Jawa yang banyak kita jumpai di wilayah Jawa Tengah.

Untuk bahan yang digunakan untuk pembuatan Dodol Amurang ini seperti gula aren, beras ketan, minyak kelapa murni dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Untuk menemukan toko yang menjual Dodol Amurang saat ini sangat di setiap sudut toko oleh-oleh di Sulawesi Utara. Jadi pastikan untuk membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.