Beberapa Makanan Lezat berbahan Beras

Beberapa Makanan Lezat berbahan Beras – Nasi jadi salah satunya makanan inti warga Indonesia. Tanpa ada nasi, rasa-rasanya hidup ini berasa hampa.

Cukup banyak orang yang akui jika dia belum dapat berasa kenyang bila dalam kesehariannya dia belum makan nasi. Apa Teman dekat Fimela termasuk juga yang seperti ini?

Nasi adalah makanan yang dibuat dari beras. Tidak hanya nasi, rupanya beras dapat diproses jadi beberapa makanan lezat. Semasing wilayah di Indonesia mempunyai kreatifitas unik untuk memproses beras ini jadi beberapa makanan lezat alternatif nasi.

Berikut beberapa makanan lezat berbahan beras.

Lontong

Lontong

Makanan pertama yang dibuat dari beras ialah lontong. Lontong adalah makanan yang bertumbuh cepat di tanah Jawa. Lontong adalah beras yang dibungkus dengan daun pisang selanjutnya dibuat atau dikukus sepanjang beberapa saat.

Lontong mempunyai struktur yang lebih padat dari nasi dengan cita rasa serta aroma ciri khas. Lontong biasa diberikan bersama-sama sate, soto serta makanan lain seperti lontong sayur, lontong balap, lontong cap go meh dan lain-lain.

Buras

Buras

Olahan dari beras setelah itu ada buras. Buras adalah makanan ciri khas Makassar. Buras ialah tipe olahan beras nasi dengan rasa gurih serta aromanya ciri khas. Buras dibikin dengan beras dibuat aron bersama-sama santan serta bumbu yang lain selanjutnya dibungkus dengan daun pisang, diikat serta di rebus sepanjang beberapa saat sampai betul-betul masak.

Lepet

Lepet

Olahan dari beras untuk alternatif nasi setelah itu ada lepet. Ini adalah makanan yang terkenal di daerah Jawa serta Sumatera. Lepet dibuat dari beras ketan yang diaron bersama-sama santan kelapa, daun pandan serta garam.

Sesudah aron 1/2 masak, ditambah lagi kacang tanah serta kelapa parut di dalamnya. Aron yang telah tercampur selanjutnya dibungkus dengan daun kelapa muda serta dikukus sampai masak sepanjang beberapa saat.

Ketupat

Olahan dari beras setelah itu ada ketupat. Ketupat hampir sama juga dengan lontong yaitu beras yang dibungkus daun serta dibuat dalam tempo lama. Ketupat biasanya dibungkus dengan daun kelapa muda atau yang dikatakan sebagai janur. Ketupat mempunyai banyak panggilan diantaranya tipat (Bali), topat (Sasak) serta kupat (Sunda).

Lemang

Lemang adalah makanan ciri khas dari Suku Dayak. Lemang dapat juga diketemukan di sejumlah wilayah lain seperti Batak dengan panggilan Lomang serta di Minangkabau dengan panggilan Lamang.

Bca Juga : 7 Makanan dengan Nama Kotor serta Buat Pemikiran Ngeres

Lemang adalah olahan makanan yang dibuat dari beras ketan. Beras ketan dibuat dengan santan kelapa serta beberapa bumbu spesial selanjutnya dimasukkan ke bambu lantas dibakar di atas bara api sepanjang beberapa saat sampai masak.

Nasi Liwet

Nasi Liwet

Olahan dari beras setelah itu ada nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi yang dibuat dengan air lumayan banyak sampai masak serta tekturnya benar-benar empuk. Nasi liwet seperti dengan bubur tetapi lebih kental.

Nasi liwet umumnya diberikan bersama-sama ikan goreng, sambal goreng kentang ati, ayam suwir, sambal serta masakan bercita rasa gurih pedas yang lain.

Itu beberapa olahan makanan yang dibuat dari beras. Tidak hanya olahan di atas, ada olahan lain yang dibuat dari beras antaranya bakcang, pali-pali, pesor serta ada banyak . Mudah-mudahan info ini berguna ya