Beberapa Menu Rendang yang Perlu Diketahui

Jakarta, Beberapa Menu Rendang yang Perlu Diketahui – Rendang adalah yang kelezatannya sudah mendunia. Rendang jadi salah satunya makanan yang dikukuhkan untuk makanan terlezat nomor 1 di dunia oleh CNN pada tahun 2018. Bicara tentang rendang, kita pasti berpikir jika rendang adalah makanan yang dibuat dari daging.

Tetapi jangan salah Teman dekat Fimela, merilis dari situs liputan6. com, dalam catatan Tubuh Pelestarian Budaya Padang (BNBP), minimal ada 11 tipe rendang di Sumatera Barat. Mencuplik catatan Warisan Budaya Tidak Benda (WBTB) untuk laporan pada BPNB tahun 2014, minimal masih ada 11 menu rendang yang dibikin serta dikonsumsi warga.

Bermacam Jenis Rendang

Rendang Daging Sapi

Rendang daging sapi ialah rendang umum yang dapat diketemukan. Rasa-rasanya gurih, manis serta menggugah hasrat. Rendang ini tidak cuma dapat diketemukan di Sumatera dan juga di kota lain di Indonesia serta dunia.

Rendang Lokan

Rendang setelah itu ada rendang lokan. Ini adalah rendang yang dibikin dari lokan atau semacam kerang-kerangan. Rendang ini dapat diketemukan di Kabupaten Pesisir Selatan seperti Padang Pariaman, Pasaman Barat serta Nagari Sasak.

Rendang Maco

Rendang maco adalah rendang yang memiliki bahan fundamen maco atau semacam ikan asin. Bahan ini dipandang tambah murah bila dibanding dengan daging. Ada banyak daerah terutamanya Kabupaten Pesisir Selatan yang masih tetap sering memproses rendang maco.

Rendang Pakis

Rendang pakis salah satu rendang yang harus ada di sejumlah acara tradisi atau acara penting. Rendang pakis umumnya dibuat sampai pakis betul-betul kering. Di Kabupaten Pasaman, terutamanya di wilayah seputar Bonjol, satu acara disebutkan belum optimal bila belumlah ada sajian rendang pakis.

Ada pula Rendang Itik

Rendang Ayam

Ayam jadi bahan pengerjaan rendang yang banyak dipakai warga untuk alternatif daging. Ayam dipandang tambah murah tetapi membuahkan rasa serta aroma yang wah untuk masakan rendang. Dari data BPNB Padang, rendang ayam bertumbuh di Nagari Surantih Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Rendang Itik

Rendang setelah itu ada rendang itik. Ini adalah masakan yang bertumbuh di lokasi Payakumbuh serta sekelilingnya. Untuk memperoleh rendang itik yang super lezat, daging itik sebelum dibuat akan di rebus, dikukus atau dipanggang terlebih dulu.

Rendang Daging Kambing

Rendang daging kambing ialah rendang yang dibuat dari daging kambing. Walau rendang ini mulai langka, tetapi ini masih dapat diketemukan di Kabupaten Agam persisnya di wilayah Lubuk Basung, Agam Timur.

Rendang Hati serta Paru Sapi

Rendang ini benar-benar seperti dengan rendang daging sapi. Langkah membuat juga hampir sama. Yang membuat tidak sama ialah bahan untuk bikin rendang ini ialah hati serta paru sapi.

Rendang Basah

Rendang Telur

Rendang telur memiliki bahan fundamen telur. Rendang telur berupa pipih seperti kerupuk. Rendang ini ialah makanan yang terkenal di wilayah Payakumbuh. Karena sangat populernya, rendang ini jadikan oleh-oleh ciri khas Payakumbuh.

Kalio (Rendang Basah)

Kalio atau rendang basah adalah rendang yang dibuat sampai masak tetapi bumbu belum meresap sepenuhnya. Kuah untuk memasak rendang ini cuma menyusut 1/2 hingga membuahkan rendang yang utuh serta fresh tidak sama dengan rendang biasanya.

Kalio Jengkol

Rendang setelah itu kalio jengkol. Memiliki bahan fundamen jengkol, rendang ini mempunyai rasa gurih serta sedikit pedas. Di sejumlah wilayah di Sumatera, kalio jengkol dikenal juga dengan nama kalio jariang.

Baca Juga : Kuliner di Kawasan Yogyakarta

Itu beberapa menu rendang yang cukup terkenal serta dapat diketemukan di seputar kita terutamanya di wilayah Sumatera. Dari demikian menu rendang yang ada, mana nih favoritmu?