Berbagai Makanan Khas Singapore

Meski memiliki luas negara yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan Indonesia, Singapore kaya akan hidangan kuliner yang lezat dan nikmat. Beberapa makanan khas Singapore, misalnya, sering menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke negara dengan maskot merlion ini.

  1. Kari kepala ikan

Kari kepala ikan

Dijuluki sebagai masakan nasional Singapura, chicken rice atau nasi ayam Hainan wajib banget untuk kamu coba. Nasi ayam Hainan ini dibuat dengan cara memasak nasi harum bersama dengan kaldu ayam. Setelah itu disajikan dengan beberapa potongan ayam rebus, timun, lalu ditambah dengan pasta jahe, saus cabe, dan kecap hitam. Lezat!

  1. Chili Crab

Chili Crab

Berikutnya, makanan khas Singapore yang patut kamu coba adalah Chili Crab atau kepiting cabai. Sesuai namanya, Chili Crab merupakan hidangan kepiting yang bercita rasa pedas, dengan rasa yang bikin nagih. Chrili Crab terbuat dari cangkang kepiting keras yang dibakar, lalu disajikan dengan saus cabai, bawang putih, tomat, telur, dan cuka beras.

Kepiting lumpur adalah jenis kepiting yang sering digunakan untuk membuat hidangan ini. Meski rasanya pedas, tetapi gak bakalan kok menyengat di lidah kamu. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat, sebaiknya hidangkan Chili Crab bersama dengan roti mantao.

  1. Laksa Singapore

Laksa Singapore

Laksa atau kari laksa merupakan salah satu makanan khas di Singapura yang berasal dari kaum peranakan, atau etnis Tionghoa yang tinggal di permukiman semenanjung Inggris. Hidangan laksa Singapore sendiri terbuat dari mie beras yang direndam di dalam saus pedas dengan aroma rempah yang khas.

Setelah itu, dimasukkan beberapa isian laksa Singapore seperti udang kering, tiram, perkedel ikan, dan sayur tauge. Jika sudah selesai, nantinya hidangan ini akan disajikan bersama dengan kuah santan pedas dan beberapa potong timun segar.

  1. Fried Carrot Cake

Fried Carrot Cake

Fried Carrot Cake atau yang biasa disebut juga dengan nama Chai Tow Kway adalah salah satu kuliner khas Singapura yang wajib kamu coba. Kendati namanya Fried Carrot Cake, hidangan ini sebetulnya bukan merupakan kue asli juga tidak terbuat dari bahan wortel.

baa juga : Resep Membuat Perkedel Kentang Mozarella

Akan tetapi, Fried Carrot Cake terbuat dari lobak yang dikukus bersama dengan tepung beras. Setelah itu, “kue” tersebut digoreng lagi dan dicampur dengan telur, bawang Bombay, bawang putih, daun bawang, cabai, dan lobak yang tersisa.

Di Singapura, terdapat dua jenis Fried Carrot Cake yang bisa kamu temukan, yaitu Black Fried Carrot Cake dengan saus hitam caramel dan White Fried Carrot Cake dengan telur garingnya yang digoreng hingga berwarna keemasan. Buat kamu yang tertarik, kamu bisa dengan mudah menemukan Fried Carrot Cake ini di berbagai gerai hawker food.

  1. Yong Tau Foo

Yong Tau Foo

Pada dasarnya, Yong Tau Foo (dibaca: yong tau fu) adalah hidangan tahu yang diisi dengan adonan daging babi atau ikan yang sudah dihaluskan. Yong Tau Foo biasa disajikan bersama dengan kuah kaldu dan berbagai macam sayuran serta jamur. Selain itu, kamu juga bisa menyantap Yong Tau Foo dengan cara digoreng seperti pangsit goreng atau disantap kering bersama saus kecap asin.

  1. Bubur Kodok

Bubur Kodok

Berikutnya, makanan khas Singapore yang wajib kamu coba adalah bubur kodok. Hidangan ini bisa kamu jumpai dengan mudah di daerah Chinatown dan Geylang. Adapun cara membuatnya cukup sederhana, yaitu pertama, bubur dicampur terlebih dahulu dengan Chinese cooking wine. Kedua, rebus kaki kodok dengan minyek wijen dan kari ayam, lalu goreng.

Setelah matang, campurkan rebusan kaki kodok tersebut ke dalam bubur tadi, kemudian sajikan. Di restoran Singapura, biasanya hidangan bubur kodok ini disajikan di dalam hot pot. Buat kamu yang tertarik, sebaiknya santap menu bubur kodok pada malam hari. Namun, buat kamu yang beragama islam, gak boleh yaa mengonsumsi hidangan yang satu ini.

  1. Sate khas Singapore

Sate khas Singapore

Gak hanya Indonesia saja yang mempunyai sate, tetapi Singapura juga. Di Singapura, sate secara tradisional dihidangkan dengan potongan bawang mentah, beberapa buah ketupat, dan potongan timun. Tak lupa juga ditambahkan saus kacang yang pedas di atasnya. Overall, kurang lebih sama lah dengan sate yang ada di Indonesia.

  1. Bak Kut The

Bak Kut The

Bak Kut Teh merupakan salah satu hidangan khas Singapura yang terbuat dari iga daging babi. Iga daging babi dimasukkan ke dalam kuah kaldu bumbu yang bercampur dengan rempah rempah seperti kayu manis, biji adas, cengkeh, kayu manis, ketumbar, dan adas manis, lalu direbus.

Baca Juga : Resep Takoyaki Ala Indonesia

Di samping memiliki citarasa yang enak, hidangan Bak Kut Teh juga menyehatkan lho. Buat kamu yang tertarik mencobanya, bisa menghidangkan Bak Kut Teh bersama dengan kembang tahu dan sayur asin. Atau bisa juga menyantapnya bersama dengan nasi ataupun mie. Di Singapore, kamu bisa menemukan hidangan Bak Kut Teh dengan mudah di sepanjang Joo Chiat Road, Balestier Road, dan Rangoon Road.