Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam – Indonesia memiliki banyak kuliner yang lezat. Mulai dari makanan ringan dan berat dengan rasa yang manis, asin, pedas, dan macam-macam. Salah satu kuliner yang banyak disukai oleh orang-orang adalah bubur. Selain nasi, bubur juga mempunyai banyak jenisnya. Mulai dari bubur ayam, bubur ketan hitam, bubur sumsum, dan lain-lain.

Salah satu bubur yang banyak digandrungi oleh orang-orang adalah bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau sendiri memiliki banyak varian yang tidak kalah lezat. Kacang hijau juga menyehatkan karena tinggi serat, mengandung protein nabati, dan vitamin serta mineral yang lengkap. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

bagan Bubur Kacang Hijau

Cara membuat bubur kacang hijau juga sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah. Selain itu bubur kacang hijau juga memiliki jenis-jenisnya sendiri.

baca juga : Resep Membuat Perkedel Kentang Mozarella

Seperti namanya, bubur kacang hijau ketan hitam adalah perpaduan dari bubur kacang hijau dan ketan hitam. Untuk bubur kacang hijau sendiri berbahan dasar 200 gram kacang hijau yang telah direndam selama 3 jam, 200 ml santan instan, 1 ruas jahe yang diiris tebal, 2 lembar daun pandan, 2 sendok makan gula merah, 5 sendok makan gula pasir, dan air sebanyak setengah panci. Sementara itu, pembuatan ketan hitam berbahan dasar 200 gram ketan hitam, 1 liter air, 6 sendok makan gula pasir, setengah sendok teh garam, 1 lembar daun pandan, dan juga 200 ml santan kental. Untuk cara pembuatan, kamu bisa menyimaknya di bawah ini:

masak Bubur Kacang Hijau

baca juga : Resep Takoyaki Ala Indonesia

  1. Langkah pertama, kamu harus merendam kacang hijau selama 3 jam.
  2. Lalu, kacang hijau direbus dengan daun pandan, air jahe, dan gula merah hingga kacang hijau tersebut melunak.
  3. Masukkan santan dan gula pasir, lalu masak sampai mendidih dengan terus diaduk perlahan.
  4. Coba cek rasanya, apakah sudah cukup sesuai selera atau belum. Lalu, sisihkan bubur kacang hijau yang telah dibuat tadi.
  5. Sekarang kamu bisa memulai mengolah ketan hitam dengan cara merendam ketan hitam semalaman lalu buang airnya.
  6. Langkah selanjutnya adalah merebus ketan hitam dengan air, gula, daun pandan, dan garam hingga ketan hitam tersebut mengental menjadi bubur. Jangan lupa untuk mengecek rasa manis dari ketan hitamnya.
  7. Masaklah santan kental di panci yang terpisah, jangan lupa masukkan garam juga. Masaklah santan kental tersebut hingga mendidih dan mengental.
  8. Bubur kacang hijau dan ketan hitam siap disajikan dengan menyiram kuah santan di atasnya.