Cara Membuat Asinan Buah

Cara Membuat Asinan Buah – Asinan adalah salah satu makanan yang diolah dengan konsep pengawetan. Beberapa sayuran dan buah dipotong lalu dimasukkan ke dalam cairan yang di dalamnya berisi asam. Umumnya asam yang dipakai adalah cuka atau beberapa orang suka pakai jeruk nipis.

Salah satu asinan yang paling banyak digandrungi adalah asinan buah. Makanan khas Bogor ini terbuat dari beberapa buah seperti bengkuang, kedondong, rambutan, apel, dan buah lainnya. Bahan utamanya adalah campuran buah seperti rujak. Pastinya semua buah bisa dipakai asal masih dalam kondisi segar.

Baca Juga : Aneka Ragam Masakan Berbahan Dasar Daging sapi

Nah, kalau kamu suka sekali dengan asinan buah, kenapa tidak membuat sendiri di rumah? Selain lebih sehat, kamu juga bisa membuatnya dalam jumlah banyak.

Berikut Berbagai Cara Untuk Membuat Asinan Buah yang Dapat Anda Pelajari

  1. Asinan Buah Khas Bogor

Asinan Buah Khas Bogor

Asinan buah khas Bogor umumnya terdiri dari berbagai jenis buah yang umum dipakai seperti bengkuang dan kedondong. Beberapa pembuat asinan juga menambahkan beberapa sayuran meski opsional saja karena asinan sayur ada sendiri.

  • Siapkan air dalam wadah yang muat menampung semua buah yang sudah dikupas dan dipotong. Masukkan cuka, gula yang dicairkan, garam, dan cabai. Aduk sampai rata lalu cicipi. Kalau ada yang kurang bisa ditambahkan.
  • Semua buah dipotong sesuai dengan keinginan. Cuci bersih untuk membuang getah dan kotoran. Masukkan semua buah ke dalam campuran air asinan. Diamkan selama beberapa saat agar meresap ke buah.
  • Kamu bisa memasukkannya ke dalam lemari es dan dimakan esok hari. Saat akan memakannya taburkan kacang goreng agar lebih nikmat.
  1. Asinan Buah Sayuran

Asinan Buah Sayuran

Dari namanya tentu kamu sudah tahu seperti apa asinan satu ini. Yap, bener banget! Asinan ini merupakan kombinasi dua asinan meski beberapa orang lebih dominan memberinya buah. Beberapa sayuran cocok untuk dicampur buah dan tidak mengubah rasa secara umum.

  • Siapkan air dalam wadah untuk menampung semua buah yang sudah dikupas dan dipotong. Masukkan cuka, gula yang dicairkan, garam, dan cabai. Aduk sampai rata lalu cicipi. Kalau ada yang kurang bisa ditambahkan sesuai selera.
  • Semua buah dipotong sesuai dengan keinginan. Cuci bersih untuk membuang getah dan kotoran. Sayuran juga sama. Usahakan dicuci terlebih dahulu baru dipotong. Masukkan semua buah ke dalam campuran air asinan. Diamkan selama beberapa saat agar meresap ke buah.
  • Kamu bisa memasukkannya ke dalam lemari es dan dimakan esok hari.
  • Saat akan memakannya taburkan kacang goreng agar lebih nikmat. Tambahkan juga kacang tumbuk di dalam kuah.
  1. Asinan Buah Tanpa Cuka

Asinan Buah Tanpa Cuka

Asinan buah umumnya menggunakan cuka sebagai pemberi rasa asam. Namun, tidak semua orang suka dengan cuka dan dianggap tidak sehat. Akhirnya buah asam seperti jeruk banyak digunakan sebagai pengganti.

baca Juga : Cara Membuat Bistik Sapi Super Enak

  • Siapkan air dalam wadah dan masukkan semua buah yang sudah dikupas dan dipotong. Masukkan air jeruk nipis, gula yang dicairkan, garam, dan cabai. Aduk sampai rata lalu cicipi.
  • Semua buah dipotong sesuai dengan keinginan. Masukkan semua buah ke dalam campuran air asinan. Diamkan selama beberapa saat dan sajikan langsung atau diamkan dalam lemari es.

Demikianlah beberapa resep asinan buah yang ternyata mudah dibuat. Buah apa saja yang ada di sekitarmu bisa dipakai sebagai isian. Kalau suka sayuran, boleh kok menambahkannya sebagai pelengkap.