Cara Membuat Bistik Sapi Super Enak

Cara Membuat Bistik Sapi Super Enak – Daging sapi bisa dibilang menjadi salah satu bahan pangan yang digemari banyak orang. Kandungan protein, zat besi, lemak, natrium, kalium, vitamin B kompleks, dan magnesiumnya bagus banget untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Meskipun begitu, sebagian orang beranggapan bahwa daging ini nggak sehat.

Padahal, daging sapi mampu mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan sistem imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan membantu fungsi jantung. Semua manfaat bisa kamu peroleh asalkan daging sapi dikonsumsi dalam porsi wajar.

Cara Membuat Bistik Sapi

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa memasak olahan daging sapi yang lezat? Daging bisa diolah dengan banyak pilihan seperti sop, atau dengan bumbu tonseng. Simak bahan-bahan yang diperlukan beserta langkah pembuatannya.

Baca Juga : Menikmati Enaknya Buah Naga

Semua orang tentu tahu olahan daging yang satu ini. Bistik sapi atau biasa disebut steak memang sudah jadi makanan yang sangat populer dan sebagian dari kamu pasti juga pernah mencobanya. Nah, jika biasanya kamu membeli, cobain yuk bikin bistik sapi sendiri di rumah.

Bahan-bahan Membuat Bistik Sapi:

bahan Membuat Bistik Sapi

500 gram daging sapi tenderloin atau sirloin, potong-potong

Margarin secukupnya

Bahan Marinasi:

Garam

Merica bubuk

Lada hitam

Rosemary secukupnya

Bahan Saus:

3 sdm saus tiram

1 sdm saus sambal

1 sdm kecap manis

2 sdm saus tomat

1 sdt tepung maizena, larutkan dengan air

½ bawang bombai, cincang halus

4 siung bawang putih, cincang halus

½ sdt lada hitam bubuk

Gula dan garam secukupnya

250 ml air

Bahan Pelengkap:

Kentang

Buncis

Wortel

Cara Membuat Bistik Sapi:

Cara Memanggang Bistik Sapi

Tusuk-tusuk daging sapi dengan garpu supaya bumbu meresap. Rendam daging dalam bumbu marinasi selama 2-3 jam.

Panaskan wajan dengan margarin. Letakkan daging sapi dan panggang selama 5 menit. Bolak-balikkan daging setiap 30 detik sekali. Angkat dan sisihkan.

baca Juga : Hidangan Khas Bangka Belitung

Tumis bawang bombai sampai layu. Kemudian, masukkan semua bahan saus, kecuali larutan maizena. Aduk-aduk sampai mendidih, lalu tambahkan maizena setelahnya. Koreksi rasa sebelum mematikan api.

Potong kentang dan goreng sampai matang. Selain itu, rebus atau kukus wortel dan buncis.

Taruh daging sapi panggang di atas piring. Lalu, tuangkan saus ke atasnya. Jangan lupa lengkapi dengan kentang, buncis, dan wortel.