Cara Membuat Bubur Sumsum dari Tepung Beras

Cara Membuat Bubur Sumsum dari Tepung Beras

Meski namanya bubur, bahan dasar bubur sumsum bukanlah dari beras, tapi dari tepung beras. Dalam penyajiannya, bubur sumsum sering dihidangkan dengan tambahan kuah gula merah atau santan. Untuk bikin bubur sumsum sendiri nggak sulit, lho ShopBackers!

Kamu bisa membuat sendiri di rumah dan nikmati bubur sumsum dengan tekstur lembut yang rasanya lebur antara manis dan gurih. Simak cara membuat bubur sumsum berikut ini.

  1. Bubur Sumsum Original

Bubur Sumsum Original

Bubur sumsum original ini merupakan varian yang paling mudah dibuat dan terdiri dari bahan-bahan yang sangat sederhana.

Bahan-bahan Membuat Bubur Sumsum Original:

  • 150 gram tepung beras
  • 2 sendok teh garam
  • 850 ml santan
  • 7 lembar daun pandan
  • Gula merah secukupnya

Cara Membuat Bubur Sumsum Original:

Baca Juga ; Resep Kue Cubit yang Nikmat

  1. Tuang santan ke dalam 2 gelas. Lalu rebus santan gelas pertama dengan daun pandan sebanyak 5 lembar. Rebus dengan menggunakan suhu api kecil sambil terus diaduk.
  2. Tuang gelas santan yang satunya ke dalam tepung beras. Aduk supaya tidak menggumpal dan berikan 1 sendok teh garam. Masukkan adonan tepung ini ke panci santan yang sudah direbus tadi. Usahakan terus mengaduknya supaya tidak menggumpal. Jika adonan sudah tercampur dengan rata, matikan api kompor.
  3. Masukkan gula merah yang sudah dicincang halus dan aduk kembali sampai merata.
  4. Rebus sisa santan yang masih ada dan gunakan sebagai kuah. Bubur sumsum sudah siap untuk disajikan.
  1. Bubur Sumsum Keju

Bubur Sumsum Keju

Mau bubur sumsum yang lebih gurih? Coba dengan campuran susu! Rasanya akan sedikit berbeda, tapi pastinya lebih enak.

Bahan-bahan Membuat Bubur Sumsum Keju:

  • 4 sendok tepung beras
  • 250 ml santan yang sudah siap
  • 100 gram gula merah
  • 40 gram keju cheddar
  • 350 ml air

Cara Membuat Bubur Sumsum Keju :

Baca Juga : Resep Kare Ayam Khas Jawa

  1. Campurkan gula merah dengan 350 ml air. Lalu rebus sampai mendidih dan mengental. Setelah itu, angkat rebusan gula merah dan dinginkan.
  2. Tuang santan ke dalam panci dan tambahkan dengan air. Aduk campuran santan dan air tersebut, lalu tambahkan keju yang sudah diparut. Sisihkan santan yang sudah dicampur dengan air ke sebuah gelas. Tambahkan tepung beras ke dalam gelas tersebut dan aduk supaya tepung beras tidak menggumpal.
  3. Rebus santan yang tersisa di panci dengan menggunakan suhu api yang kecil. Aduk terus adonan santan sampai mendidih.
  4. Tambahkan campuran santan dan tepung beras dalam gelas secara perlahan ke dalam rebusan santan. Saat menuangkannya usahakan sambil diaduk terus. Supaya tepung tidak menggumpal dan bisa tercampur merata.
  5. Ketika sudah matang, bubur akan meletup-letup. Lalu matikan kompornya. Diamkan sejenak buburnya agar tidak terlalu panas.
  6. Sajikan bubur tersebut dengan menyiram kuah gula di atasnya. Jangan lupa untuk menambahkan keju yang sudah diparut ke atas bubur untuk mempercantik tampilan bubur.

Itulah 2 cara membuat bubur sumsum yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan membuat sendiri di rumah, buburmu dijamin lebih sehat, dan juga kamu bisa membuatnya kapan pun kamu mau. Kamu bisa berbelanja berbagai bahan untuk membuat bubur sumsum seperti tepung beras, dan bahan-bahan lainnya