Cara Membuat Cakwe Original

Cara Membuat Cakwe Original

Siapa yang tidak kenal dengan cakwe. Bentuknya yang panjang dengan tekstur lembut dan mengembang memang paling nikmat untuk dinikmati sebagai jajanan selingan bersama keluarga dan teman. Beberapa dari ShopBackers bahkan bisa dengan mudah menemukan camilan ini yang banyak dijajakan dengan gerobak di pinggir jalan.

Selain nikmat, cakwe juga termasuk makanan ringan khas Indonesia yang mudah dibuat. Kamu bahkan dapat mencobanya sendiri di rumah. Berikut beberapa cara membuat cakwe yang dapat kamu masak sendiri, dari yang paling sederhana, cakwe dengan bahan isian tertentu, sampai yang khas.

Resep pembuka yang dapat ShopBackers coba di rumah adalah cara membuat cakwe yang paling umum serta yang paling mudah untuk dilakukan. Cakwe original ini adalah cakwe yang sering dijajakan oleh pedagang kaki lima. Disajikan tanpa isian atau toping pelengkap, ini cara membuatnya.

Masak Cakwe

Bahan-bahan dan Cara Membuat Cakwe Original :

Baca Juga : Resep Membuat Urap Pedas Manis

  • 1 sdm ragi instan
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm air hangat

Bahan-bahan untuk Adonan Cakwe Original:

  • 250 gram tepung terigu
  • ½ sdt garam halus
  • 150 ml air
  • ¼ sdt baking powder
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cakwe Original:

Membuat Cakwe

Baca Juga : Dua Cara Membuat Kastengel

  1. Campurkan semua bahan utama dan aduk hingga merata, lalu diamkan selama 10-15 menit.
  2. Siapkan wadah lain untuk bahan adonan. Lalu masukkan satu per satu bahan, termasuk campuran bahan utama sambil dicampur sampai merata. Tutup adonan dengan serbet bersih lalu diamkan selama 2 jam.
  3. Setelah dua jam berlalu, ambil dan tumbuk-tumbuk adonan menggunakan tangan di atas alas yang sudah ditabur terigu sebelumnya.
  4. Ratakan adonan hingga pipih dengan ketebalan tidak lebih dari 2 cm menggunakan rolling pin
  5. Potong adonan memanjang seperti bentuk cakwe pada umumnya, taburi sedikit terigu di atas adonan. Gunakan tusuk sate untuk menekan bagian tengah adonan, lalu tumpuk dengan adonan lain yang bagian tengahnya juga ditekan dengan tusuk sate.
  6. Untuk menggoreng cakwe, panaskan wajan lalu masukan cukup banyak minyak goreng agar adonan cakwe terendam saat digoreng, dan mengembang. Goreng hingga kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.