Cara Membuat Cireng Crispy dan Gurih

Cara Membuat Cireng Crispy dan Gurih

Cireng merupakan makanan ringan yang menjadi favorit banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa banyak yang menyukai cireng. Memiliki tekstur yang crispy dan rasa yang gurih menjadi salah satu alasan cireng disukai banyak orang.

Cireng sendiri merupakan makanan yang berasal dari daerah Sunda. Meskipun berasal dari daerah Sunda saat ini Cireng sudah menyebar rata di seluruh daerah di Indonesia. Hampir di setiap daerah dapat ditemui penjual cireng. Makanan enak ini memiliki arti aci goreng yang akhirnya disingkat menjadi cireng dan sudah mulai dikenal sejak tahun 1980-an.

asal mula Cireng

Bahan yang digunakan untuk membuat cireng juga sangat mudah didapatkan. Bahan utama untuk membuat cireng yaitu tepung tapioka atau tepung kanji. Untuk bahan lainnya seperti bawang putih, daun bawang, merica, garam, dan juga air. Bahannya yang mudah didapatkan ini, membuat banyak orang menjual cireng.

Dengan banyaknya penjual  cireng yang semakin banyak, saat ini cireng tidak hanya dapat ditemui di penjual pinggir jalan saja, tetapi sudah mulai banyak online shop yang menjual cireng dengan berbagai varian rasa. Hal ini semakin membuat cireng mudah didapatkan.

Meskipun saat ini cireng dengan mudah dapat dibeli tetapi banyak orang yang lebih menyukai membuat cireng sendiri di rumah. Bahan yang mudah didapatkan dan juga cara membuat cireng yang mudah membuat banyak orang membuat cireng di rumah. Selain itu juga karena dapat menjamin kebersihan bahan yang digunakan dan juga bisa membuat cireng dengan porsi yang diinginkan.

membuat Cireng

Baca Juga : Cara Membuat Empek Empek Kapal selam dan Telur

Kamu juga bisa membuat sendiri cireng di rumah. Bahan-bahannya sangat sederhana. Selain itu cara membuat cireng juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan dan alat-alat memasak yang digunakan untuk membuat cireng. Sebelum kamu memulai membuat cireng pastikan alat-alat membuat cireng sudah siap.

Bahan Membuat Cireng Original:

  • 100 gr terigu
  • 300 gr Tepung Kanji atau Tapioka
  • 3 batang seledri, potong halus
  • 3 batang daun bawang, potong kecil-kecil

Bumbu yang Dibutuhkan:

  • 2 sdt penyedap instan rasa ayam
  • 2 sdt merica bubuk
  • 3 sdt garam
  • 4 siung bawang putih yang dihaluskan

Cara Membuat Cireng Original:

Goreng Cireng

Baca Juga : Resep Bumbu Ceker Mercon

  1. Campur tepung terigu dengan tepung kanji hingga tercampur dengan rata
  2. Masukkan potongan seledri, potongan daun bawang, merica bubuk, penyedap instan rasa ayam, garam dan juga bawang putih halus.
  3. Kemudian tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni sampai benar-benar tercampu rata
  4. Setelah adonan tercampur rata lalu bentuk adonan sesuai keinginanmu. Jangan terlalu tebal supaya ketika dimasak, tingkat kematangannya bisa rata.
  5. Kemudian siapkan wajan untuk menggoreng. Tuang minyak dan tunggu hingga panas
  6. Setelah minyak panas, masukkan adonan cireng yang sudah dibuat dan goreng sampai matang.