Cara Membuat Donat Original di Rumah

Cara Membuat Donat Original di Rumah

Pada dasarnya, donat dibuat dengan adonan roti seperti kue-kue pada umumnya. Kandungan gluten pada tepung terigu donat dapat membuat adonan donat lebih lembut dan empuk. Biasanya, tepung terigu berprotein tinggilah yang mengandung lebih banyak gluten daripada tepung terigu biasa.

Untuk membuat donat sendiri, kamu dapat menggunakan berbagai macam cara. Cara paling populer yang digunakan banyak orang adalah menggoreng donat. Padahal, masih ada cara lain untuk membuat donat seperti: memanggang donat di oven dan mengkukus donat.

Menggoreng donat menjadi salah satu cara paling populer karena lebih efisien untuk dibuat. Selain itu, donat goreng dapat dibuat dengan peralatan yang mudah ditemukan di rumah. Kamu tidak perlu membeli alat tambahan apa pun untuk membuat donat goreng di rumah. Setiap rumah pasti memiliki wajan penggorengan yang diperlukan untuk menggoreng donat.

Baca Juga : Resep Cake dari Berbagai Belahan Dunia

Bahan Donat Original

Donat original adalah donat klasik banyak dijual di toko-toko kue. Donat ini hanya dilapisi dengan beberapa jenis topping. Bentuk dan rasa donat yang sederhana ini disenangi oleh semua kalangan. Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah pertama, kamu harus menyiapkan bahan-bahan di bawah ini terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu yang berprotein tinggi
  • 120 gram tepung terigu yang berprotein sedang
  • 15 gram susu putih bubuk
  • 40 gram gula putih halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 225 ml air dingin
  • 30 gram mentega
  • 1 sendok teh ragi
  • Cokelat batangan sudah dilelehkan
  • Mentega
  • Selai

Cara Membuat Donat Original:

Goreng Donat Original

Baca Juga : Dua Resep Ayam Panggang Tanpa Oven

  1. Untuk membuat donat original, kamu dapat mencampurkan tepung terigu, susu bubuk, gula putih halus, dan ragi terlebih dahulu. Aduklah hingga benar-benar tercampur rata.
  2. Setelah itu, tambahkan telur dan air dingin secara perlahan ke dalam campuran. Pastikan adonan tidak terlalu encer.
  3. Apabila adonan terlihat terlalu encer, maka kamu dapat memasukan sebagian air terlebih dahulu.
  4. Tetap uleni adonan sehingga terbentuk menjadi kalis atau adonan tidak menempel lagi pada wadah pada saat pembuatannya.
  5. Masukkan mentega dan garam ke dalam adonan dan tetap uleni adonan tersebut hingga elastis.
  6. Setelah adonan jadi, kamu dapat meletakan adonan ke sebuah wadah yang ditutupi menggunakan kain. Diamkan selama kurang lebih 15 menit di dalam tempat hangat yang bersuhu ruangan. Kegunaan mendiamkan adonan adalah agar ragi dapat bekerja maksimal dan adonan mengembang.
  7. Setelah 15 menit, keluarkan adonan dari wadah. Pukul secara perlahan dan uleni adonan sebentar sebelum memasukkannya lagi ke dalam wadah. Diamkanlah adonan selama kurang lebih 10 menit lagi.
  8. Setelah itu, bentuklah perlahan adonan menjadi bentuk adonan menjadi lingkaran. Cetaklah adonan yang telah dibuat menggunakan cetakan donat. Susunlah adonan-adonan donat yang telah dicetak tersebut pada sebuah wadah datar dan diamkanlah selama 30 menit.
  9. Siapkanlah wajan dengan minyak yang telah dipanaskan. Masaklah adonan donat tersebut dengan api kecil hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Kemudian, tiriskan donat ke atas piring.
  10. Langkah terakhir adalah memberi topping! Kamu dapat mencelupkan donat ke dalam coklat cair, melapisinya mentega, ataupun memberi selai di atasnya. Semuanya tergantung selera masing-masing orang!