Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin

Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin – Siapa yang tidak suka es krim gelato? Es krim yang lebih lembut serta lebih sedikit mengandung lemak ini memang cocok dinikmati saat panas. Selain karena teksturnya gelato juga lebih tahan panas dari es krim biasa lho jadi tidak mudah mencair. Sayangnya es krim gelato ini agak jarang di temukan di toko-toko karena biasanya membutuhkan mesin es krim yang berbeda dengan es krim biasa.

Tapi tenang, untuk dinikmati sendiri di rumah, kamu bisa membuatnya sendiri lho dan bahkan tanpa mesin dan mixer. Mau tahu cara membuat gelato tanpa mesin ini.

Resep Simpel Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin

Pada resep di bawah ini yang akan kita buat adalah gelato stroberi ya, tapi kalau kamu ingin buah yang lain juga bisa kok, tinggal diganti saja. Bisa rasberry, blueberry, lemon atau buah lain yang rasanya kuat. Jika rasanya tidak terlalu kuat seperti apel atau pisang maka dikhawatirkan rasanya tidak akan keluar dan tertutup oleh susu dan cara membuat gelato tanpa mesin ini tidak akan maksimal hasilnya.

Bahan Membuat Gelato

baca juga : Makanan Khas Warteg Yang Melegenda

Bahan

  • 500 ml susu cair
  • 250 ml heavy whipping cream
  • 4 kuning telur
  • 125 ml gula
  • 25 buah stoberry ( bisa disesuaikan)

Alat

  • Whisk
  • Panci anti lengket
  • 2 Wadah ( boleh baskom)
  • Pisau
  • Loyang

Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin

Membuat Gelato

  1. Cacah kecil-kecil 20 buah stroberi, setelah itu masukan ke dalam wadah dan tekan-tekan menggunakan sendok sampai terlihat agak keluar airnya, sisihkan.
  2. Panaskan susu dan heavy whipping cream di panci anti lengket dengan suhu panas sampai muncul buih-buih di atasnya, bila sudah terlihat mengental, angkat.
  3. Ambil wadah dan masukan kuning telur lalu aduk dengan whisk, setelah kuning telur terlihat seperti berbusa maka masukan campuran susu dan heavy cream tadi. Jangan di masukan sekaligus, karena nanti tidak bisa tercampur rata. Masukan perlahan-lahan sambil terus di aduk dengan whisk sampai tercampur merata dan terlihat agak kental.
  4. Setelah itu, masukan kembali campuran ke panci anti lengket, panaskan dan masukan cacahan stoberry tadi. Aduk campuran ini sampai terlihat lebih kental, jangan sampai berhenti mengaduk karena di dalamnya ada campuran kuning telurnya. Kita tidak ingin kuning telurnya tiba-tiba terpisahkan.
  5. Jika sudah, angkat campuran dan pindahkan ke loyang dan langsung masukan ke freezer selama 30 menit.

baca juga : Segera Cicipi Makanan Tradisional Jawa

Terakhir, ada catatan kecil nih untuk whipping cream yang digunakan dalam resep cara membuat gelato tanpa mesin di atas, jangan sampai tertukar dengan whipping cream biasa ya karena heavy whipping cream dan whipping cream berbeda. Tekstur heavy whipping cream lebih padat sehingga cocok digunakan untuk membuat es krim, sedangkan whipping cream lebih cair dan lebih pas untuk membuat sup.