Cara Membuat Kaldu Ayam Serba Guna

Di saat udara dingin dan sering hujan seperti ini, makan makanan yang berkuah pasti sangat enak dan bisa menghangatkan badan. Seperti misalnya makan soto, mie ayam atau sop, semua makanan itu akan sangat pas untuk cuaca seperti sekarang ini. Tapi sayangnya, semua makanan itu membutuhkan kaldu ayam yang enak sebagai dasar makanannya bukan?

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuat kaldu ayam itu sulit sehingga lebih baik membeli di luar saja yang lebih praktis dan cepat. Tapi sebenarnya membuat kaldu ayam tidaklah sulit kok, yang kamu butuhkan hanya sabar menunggu saja, setelah itu kamu bisa memiliki kaldu ayam anti gagal yang enak dan serbaguna. Kalau kamu kurang yakin dengan resep yang kamu miliki kamu bisa mengukuti resep cara membuat kaldu ayam dari Love and Olibe Oil ini, selamat mencoba!

Bahan kaldu ayam

Bahan kaldu ayam

Salah satu cara membuat kaldu ayam anti gagal adalah dengan mempersiapkan bahan-bahannya dengan baik. Pilihlah bahan-bahan segar dengan kualitas baik. Bahan-bahan ini akan sangat mempengaruhi kualitas dari kaldu. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan alat masak dan saat kamu memasak kaldu ayam. Kamu bisa membuat kaldu ayam anti gagal dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

baca juga : Beberapa Cafe Romantis di Surabaya

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 3 Buah wortel
  • 2 Buah bawang bombay
  • 2 Buah bawang putih
  • 1 Daun bawang bagian putihnya saja
  • 2 Helai Rosemary
  • ½ Buah paprika hijau (Optional)
  • 1 Helai seledri
  • Merica
  • 1 sdt garam
  • Olive oil atau minyak sayur secukupnya
  • Tulang ayam
  • Air 3 L

Tips:

Resep kaldu ayam anti gagal ini menggunakan rosemary tujuannya untuk menghilangkan rasa atau bau tidak enak dari ayam. Sedangkan paprika untuk memberi rasa sedikit pedas pada kaldu.

Cara Membuat Kaldu Ayam

Cara Membuat Kaldu Ayam

Setelah menyiapakan semua bahan-bahan dasar kaldu ayam, kamu hanya perlu mengikuti cara membuat kaldu ayam berikut ini. Pastikan ya alat-alat yang kamu pakai dalam keadaan bersih dan kamu juga sudah cuci tangan!

Langkah pertama tentunya mencuci bersih semua bahan yang akan dimasak seperti wortel, bawang bombay, bawang putih, rosemary, daun bawang, paprika, dan seledri.  Setelah di cuci bersih, semua bahan itu di potong kecil-kecil seukuran dadu kecuali rosemary.

Langkah kedua adalah menumis bahan-bahan tadi, namun sebelum itu panaskan terlebih dahulu minyak dengan api sedang sampai panas namun jangan sampai mengeluarkan asap.

Langkah ketiga, setelah minyak panas, masukan semua bahan dan aduk perlahan sayuran sampai mereka berwarna agak kecoklatan. Jika hanya sampai layu saja maka nanti rasa kaldunya akan kurang sedap dan mantap.

kaldu ayam

Langkah keempat, jika sudah, selanjutnya masukan air dan ayam. Untuk proses ini, jika kamu menggunakan ayam yang beku maka akan lebih baik menunggu sampai ayam ada pada suhu ruang karena jika masih beku nantinya akan mempengaruhi rasa kaldu.

Langkah kelima, setelah semua masuk, maka aduk perlahan dan ubah api menjadi diantara sedang dan tinggi agar air mendidih, barulah setelah air mendidih api dikecilkan perlahan dan biarkan mendidih kembali paling tidak sampai 2 jam.

Langkah keenam, pada saat mendidih yang pertama, jangan lupa untuk membuang busa-busa yang ada diatas kaldu baru setelah itu kamu tidak perlu melakukan apa-apa dan hanya perlu menunggunya sembari melakukan aktivitas laiinya.

Apabila waktu perebusan kaldu sudah lebih dari 2 jam maka kamu bisa mematikan api, atau jika kamu ingin kaldu lebih mantap maka kamu bisa merebusnya lagi untuk 30-60 menit.

Langkah ketujuh, jika api sudah benar-benar dimatikan, kamu harus menunggu agar kaldu dingin terlebih dahulu sebelum kamu menyaring sayuran dan tulang yang ada didalamnya.

baca juga : 4 Steak Favorit di Kampoeng Steak

Langkah kedelapan, setelah disaring, biarkan dulu kaldu sampai benar-benar dingin dan lemak dari kaldu naik ke permukaan. Kamu bisa membuang lemak yang ada dipermukaan ini agar kaldu lebih sehat dan bebas dari lemak dan setelah itu kaldu siap digunakan untuk berbagai macam masakan yang kamu inginkan.

Kaldu ayam ini bisa digunakan untuk berbagai macam makanan mulai dari resep sop sampai tumis sayuran. Jika kaldu yang buat masih sisa banyak kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Simpanlah di wadah tertutup di dalam kulkas sampai 3 hari. Sedangkan untuk waktu penyimpan yang lebih tahan lama, kamu bisa menaruhnya di freezer dan masih baik dikonsumsi sampai 3 bulan ke depan.