Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Kolang kaling identik sebagai hidangan makanan di bulan puasa. Memang kolang kaling memiliki cukup banyak kandungan baik seperti vitamin A, B, dan C, zat besi, hingga karbohidrat yang dibutuhkan untuk orang yang sedang berpuasa. Kolang kaling sendiri sangat cocok dijadikan manisan yang berguna untuk tambahan sirup dan sop buah.

  1. Manisan Kolang Kaling Kenyal

Kolang Kaling Kenyal

Ketika berbuka puasa, menyantap makanan yang bertekstur kenyal tentu sangatlah nikmat. Tak heran jika kolang kaling bisa dijadikan topping tambahan dalam es buah yang segar.

Bahan-bahan Kolang Kaling Kenyal:

  • Kolang kaling 1 kg
  • Daun pandan 1 lembar
  • Gula pasir 250 gram
  • Air cucian beras 1 liter
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat Kolang Kaling Kenyal:

  1. Masukkan kolang kaling ke dalam wadah dan cuci bersih dengan air yang mengalir. Kemudian, rendam kolang kaling ke dalam air cucian beras. Jangan lupa gosok-gosok kolang kaling agar lendirnya bisa hilang. Setelah dibersihkan, diamkan kolang kaling minimal 1 jam. Bilas kolang kaling dengan air bersih dan tiriskan.
  2. Siapkan panci yang sudah diberi air. Masukkan kolang kaling dan rebus bersama daun pandan dan daun jeruk hingga mendidih kurang lebih selama 30 menit. Tambahkan pewarna makanan sesuai dengan kepekatan warna yang diinginkan.
  3. Saat kolang kaling sudah empuk, masukkan gula pasir dan aduk kembali hingga merata. Terus rebus kolang kaling hingga air berkurang dang teksturnya lebih kenyal dan empuk.
  4. Matikan kompor dan tiriskan. Sajikanlah kolang kaling bersama dengan es buah yang segar.
  1. Manisan Kolang Kaling Khas Betawi

Kolang Kaling Khas Betawi

Bagi masyarakat Betawi, manisan kolang kaling merupakan salah satu menu camilan yang paling populer. Meskipun kolang kaling akan lebih nikmat jika dijadikan tambahan untuk es campur atau es buah, tapi makanan yang satu ini juga cocok untuk dijadikan camilan.

Baca Juga : Resep Sop Iga Sapi Bening

Bahan-bahan Kolang Kaling Khas Betawi:

  • Kolang kaling 500 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Pasta warna merah 2 ml
  • Daun pandan 1 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Garam ¼ sdt
  • Fanta merah 250 ml

Cara Membuat Kolang Kaling Khas Betawi:

  1. Sediakan wadah untuk membersihkan kolang kaling. Cuci kolang kaling hingga bersih dan lendirnya menghilang.
  2. Siapkan panci dan rebus kolang kaling selama 5 sampai 10 menit untuk menghilangkan baunya.
  3. Ambil panci lain dan masukkan kolang kaling, air, pasta warna merah, fanta merah, daun pandan dan daun jeruk. Masak dengan api kecil dan tunggu hingga mendidih.
  4. Setelah air berkurang, tambahkan gula dan garam. Aduk-aduk dan biarkan hingga air benar-benar berkurang. Matikan kompor dan tiriskan kolang kaling.
  5. Kolang kaling khas Betawi yang nikmat siap disajikan untuk camilan.
  1. Manisan Kolang Kaling Tahan Lama

Kolang Kaling Tahan Lama

Membuat kolang kaling tak bisa sembarangan. Sebab, jika salah dalam pengolahannya, tekstur kolang kaling bisa menjadi semakin keras. Nggak cuma itu, kolang kaling juga bisa tidak bertahan lama dan cepat basi jika tidak diolah dengan benar. Maka dari itu, pastikan kamu mengolahnya dengan cara yang tepat seperti berikut ini.

Bahan-bahan Kolang Kaling Tahan Lama:

  • Kolang kaling 1 kg
  • Gula pasir 200 gram
  • Daun pandan 4 lembar
  • Garam ¼ sdt
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Air cucian beras 1000 ml

Cara Membuat Kolang Kaling Tahan Lama:

Baca Juga : Resep Capcay Goreng Ala Resto

  1. Ambil wadah untuk membersihkan kolang kaling. Masukkan air cucian beras dan usahakan agar kolang kaling terendam seluruhnya. Sebaiknya rendam kolang kaling selama 24 jam agar lendir dan rasa asamnya menghilang.
  2. Setelah direndam, buang air rendaman dan bersihkan kolang kaling dengan air mengalir. Saat membersihkan sebaiknya remas-remas kolang kaling agar lendir benar-benar hilang.
  3. Setelah bersih, masukkan kolang kaling dalam panci yang sudah berisi air.
  4. Nyalakan kompor dan rebus kolang kaling serta tambahkan bahan-bahan seperti gula pasir, daun pandan, daun jeruk, dan garam.
  5. Rebus kolang kaling hingga teksturnya kenyal dan airnya mengental. Tambahkan pewarna makanan dan aduk-aduk. Jika air rebusan sudah habis dan kolang kaling sudah empuk, maka segera matikan kompor dan tiriskan.
  6. Setelah dingin, masukkan kolang kaling ke wadah yang tertutup dan segera masukkan ke dalam kulkas.
  7. Kolang kaling yang awet siap dijadikan bahan tambahan untuk membuat es campur atau sop buah.

Itulah beberapa cara membuat manisan kolang kaling yang bisa kamu coba di rumah. Sebelum mencoba bikin, pastikan semua bahan dan alat sudah kamu siapkan. Jika masih ada yang belum punya, langsung saja beli secara online di e-commerce favoritmu.