Cara Membuat Onde-Onde yang Enak

Cara Membuat Onde-Onde yang Enak – Banyaknya suku dan ras di Indonesia membuat jenis makanan yang dihasilkan lebih beragam. Tidak hanya makanan berat, camilan nikmat untuk teman minum teh, jenisnya juga beragam.

Salah satu jenis kudapan tradisional yang paling banyak dicari adalah onde-onde. Kue berbentuk bulat dengan kulit renyah dan agak kenyal ini disukai banyak orang. Apalagi isinya kacang hijau kupas yang khas serta bahan lain seperti cokelat dan keju.

Makanan yang ditaburi wijen di bagian luarnya ini ternyata mudah dibuat loh. Kalau kamu ingin mengisi akhir pekan untuk masak-masak atau ingin memulai usaha, onde-onde bisa jadi solusi terbaik.

Baca Juga : Nikmatnya Masakan Kari Ayam dari Berbagai Negara

Berikut cara membuat onde-onde yang renyah, gurih,enak  dan kenyalnya pas.

  1. Onde-Onde Orisinal

Onde-Onde Orisinal

Sesuai dengan namanya, onde-onde orisinal adalah kue yang paling umum karena di dalamnya diisi pasta kacang hijau, bisa pakai kacang hijau kupas atau yang masih berkulit. Biasanya kue ini mengembang dan akan kopong saat digigit.

Rasanya gurih, manis, dan ada sensasi kriuk-kriuk dari wijen. Kacang hijau adalah bahan yang sehat untuk makanan, sama enaknya seperti bubur kacang hijau dan sama juga manfaatnya.

Bahan-bahan Kulit Onde-Onde Orisinal:

375 gram tepung ketan

90 gram tepung beras

150 gr gula pasir halus (bisa dikurangi sesuai selera)

½ sdt garam

½ sdt baking powder

2 sdm margarin

1 sdt vanili bubuk

340 ml air hangat

wijen secukupnya

air secukupnya

minyak goreng secukupnya

Bahan Isian Onde-Onde Orisinal:

150 gram kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam, selanjutnya kukus dengan air sampai empuk

200 ml santan kelapa

150 gram gula pasir bubuk, bisa ditambah dan dikurangi

vanili bubuk atau cair untuk aroma

¾ sdt garam, coba sedikit dulu bila kurang bisa ditambah

cokelat, keju, atau campuran lainnya

Cara Membuat Onde-onde Orisinal:

Siapkan kulit dengan mencampur tepung ketan, tepung beras, baking powder, garam, gula, vanili bubuk, dan air hangat. Khusus air campurkan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Biarkan sejenak adonannya.

Kacang hijau kupas direbus sampai empuk, selanjutnya dicampur gula, santan, garam, dan vanili. Masak sampai lembut dan bila diperlukan setelah matang bisa ditumbuk agar lebih halus.

Adonan yang sudah didiamkan bisa ditimbang sesuai dengan ukuran atau diambil sejumput untuk dibuat bulatan. Gunakan minyak agar tidak lengket di tangan.

Pipihkan kulit lalu isi dengan pasta kacang hijau, cokelat, atau keju. Selanjutnya bentuk bulatan lagi agar isian tertutup.

Letakkan semua onde-onde mentah ke wadah lebar berisi wijen, guling-gulingkan agar biji menempel. Sebelum digulingkan celup ke air dulu, ya.

Baca Juga : Tiga Resep Telur Balado yang Lezat

Siapkan wajan berisi minyak panas, masukkan onde-onde lalu goreng sampai mengembang dan berubah warna keemasan. Jika sudah, angkat, tiriskan, segera sajikan.

  1. Onde-Onde Pelangi

Onde-Onde Pelangi

Varian satu ini sebenarnya hampir sama dengan onde-onde kebanyakan. Hanya saja adonan diberi pewarna dan perasa lainnya. Isian juga lebih beragam sehingga disukai oleh anak-anak. Onde-onde ini ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga bisa dimakan sekali hap.