Cara Membuat Papeda yang Enak

Cara Membuat Papeda yang Enak – Kamu yang suka dengan makanan khas dari Indonesia Timur tentu sudah tidak asing lagi dengan papeda, bukan? Makanan khas Papua yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Meski berasal dari Papua, kamu bisa menikmati makanan satu ini tanpa perlu pergi ke Papua secara langsung.

Pasalnya, proses pembuatan papeda sendiri terbilang mudah dan bisa langsung kamu praktekan di rumah, lho. Makanan khas Papua yang satu ini juga bisa kamu sajikan dengan berbagai macam menu makanan lainnya. Cita rasanya yang lezat dapat menggugah selera keluarga kamu di rumah. Tidak hanya Raja Ampat yang bisa kita nikmati, Papeda khas Papua pun sangat layak kita coba, yuk!

  1. Resep Papeda Khas Papua

Papeda Khas Papua

Makanan khas Papua ini identik dengan tepung sagu yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kamu. Teksturnya yang cukup kental membuat makanan ini disukai oleh banyak orang. Agar kamu tidak lagi penasaran dengan cita rasa papeda, simak cara mudah membuat papeda di rumah berikut ini:

Bahan-bahan Membuat Papeda Khas Papua:

Tepung sagu 250 gram

Bawang putih 2 siung

Air 2 liter (4 gelas)

Garam secukupnya

Bumbu penyedap secukupnya

Cara Membuat Papeda Khas Papua:

Panaskan kompor dan didihkan 3 gelas air dalam sebuah panci.

Haluskan bawang putih, menggunakan blender bumbu atau ulek.

Campurkan tepung sagu, bawang putih halus, garam, dan juga bumbu penyedap dalam satu wadah. Tambahkan satu gelas air dan aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.

Baca Juga : Resep Memasak Cumi Asam Manis

Apabila air yang dididihkan dalam panci telah panas, masukkan air tersebut ke dalam tepung sagu perlahan.

Masak kembali tepung sagu yang telah dicampur dengan air panas pada kompor dengan api kecil. Aduk tepung sagu dalam panci hingga tekstur berubah menjadi kental lalu angkat.

Papeda khas Papua bisa langsung kamu nikmati. Agar cita rasa papeda dapat semakin lezat, kamu bisa menambahkan bumbu kuning saat menikmatinya.

  1. Resep Papeda Jajanan SD

Papeda Jajanan SD

Selain makanan khas Papua, papeda juga identik dengan jajanan Sekolah Dasar (SD). Di mana camilan yang satu ini dapat dengan mudah kamu temukan di depan SD. Camilan lezat yang satu ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah, lho.

Bahan yang dibutuhkan serta proses pembuatanya juga terbilang sangat mudah dan juga simpel. Dapat dipastikan bahwa buah hati kamu akan suka dengan camilan satu ini. Berikut cara membuat papeda jajanan SD di rumah:

Bahan-bahan Membuat Papeda Jajanan SD:

Tepung sagu 50 gram

Tepung beras 50 gram

Telur puyuh

Air secukupnya

Garam secukupnya

Bumbu bubuk sesuai selera (abon, bumbu balado, manis, jagung, dan lain sebagainya)

Saus sambal sesuai selera

Mentega

Tusuk sate

Cara Membuat Papeda Jajanan SD:

Buat adonan tepung pada satu wadah dan campurkan secara merata. Beri air pada campuran tepung tersebut secara perlahan agar adonan tidak terlalu encer. Tambahkan sedikit garam pada adonan tersebut dan aduk hingga merata.

Panaskan teflon dan beri olesan mentega secara merata. Apabila dirasa sudah cukup panas, pecahkan satu buah telur puyuh pada teflon. Ratakan telur puyuh tersebut dengan bantuan tusuk sate atau dengan menggoyang teflon. Usahakan telur puyuh belum matang saat akan meratakannya.

Beri adonan tepung yang telah disiapkan di atas telur puyuh dan ratakan pada seluruh bagian teflon seperti saat sedang membuat telur dadar. Adonan tepung yang dimasukkan secukupnya saja, sekitar dua sendok makan atau satu sendok sayur.

Baca Juga : Resep Bika Ambon yang Nikmat

Beri taburan bubuk yang telah dipersiapkan di atas adonan. Bida abon, bumbu bubuk rasa keju, balado, atau lain sebagainya. Kamu juga bisa memasukkan saus sambal untuk memberikan cita rasa sedikit pedas. Langkah satu ini bisa kamu abaikan jika tidak terlalu menyukai cita rasa pedas. Kamu pun bisa menggantinya dengan menggunakan saus tomat yang lebih manis.

Apabila adonan dirasa mulai kering, gulung adonan tersebut dengan menggunakan tusuk sate secara perlahan. Ulangi proses pembuatan papeda ini sesuai dengan jumlah telur puyuh dan adonan tepung yang kamu miliki.

Sajikan papeda selagi hangat agar rasanya lebih lezat.

Kedua resep papeda yang telah disebutkan di atas bisa banget kamu jadikan pilihan untuk menghidangkan makanan lezat bagi keluarga di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga terbilang simpel dan dapat dengan mudah kamu temukan.

Makanan papeda khas Papua sendiri cocok dihidangkan sebagai menu makanan berat bagi keluarga. Sedangkan untuk papeda jajanan anak SD bisa kamu hidangkan sebagai camilan untuk menemani waktu bersantai.

Nah, untuk memudahkan kamu dalam membuat papeda, jangan lupa lengkapi dulu semua bahan-bahan dan peralatan masak yang dibutuhkan. Jika belum, kamu bisa mencarinya secara online di marketplace kesayanganmu disini. Saat berbelanja, jangan lupa lewat ShopBack agar mendapatkan cashback yang menguntungkan!