Cara Membuat Tahu Bulat Crispy

Cara Membuat Tahu Bulat Crispy – Tahu bulat yang digoreng dadakan memang jadi camilan ringan yang menyenangkan. Apalagi di saat sedang diharuskan berada di rumah seperti saat-saat ini. Rasanya memang menggoda, gurih dengan bagian luar renyah dan bagian dalam super lembut. Nggak puas kalau cuma makan sedikit.

Kalau kamu penggemar camilan berbahan tahu ini, yuk coba cara membuat tahu bulat sendiri di rumah. Kalau kamu mau camilan tahu selain tahu gejrot dan tahu crispy, tahu bulat ini dijamin tak akan kalah dengan buatan abang-abang keliling!

Berikut Resep dan Cara Membuat Tahu Bulat Crispy

  1. Tahu Bulat Original

Tahu Bulat Original

Untuk membuat tahu bulat, bahan yang dibutuhkan tak terlalu banyak dan tergolong murah. Cocok juga nih, untuk usaha. Siapa tahu kamu bisa bikin aneka variasi tahu bulat yang viral, kan?

Baca Juga : Resep Seblak Ceker Super Nikmat

Bahan Membuat Tahu Bulat Original:

  • 15 potong tahu putih
  • 3 butir telur, ambil kuningnya
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm penyedap rasa ayam atau sapi sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tahu Bulat Original:

  1. Cuci tahu putih, kemudian hancurkan sampai benar-benar halus. Hilangkan kandungan air di dalam tahu dengan menyaringnya.
  2. Campurkan kuning telur ke dalam tahu yang sudah dihancurkan. Tambahkan penyedap rasa dan baking powder. Aduk rata, cicipi untuk koreksi rasa.
  3. Bentuk adonan tahu menjadi bulatan-bulatan seukuran sekali suap. Letakkan di dalam wadah, kemudian tutup hingga rapat. Masukkan ke dalam kulkas selama 3 hingga 4 jam.
  4. Saat akan menggoreng, keluarkan tahu dari kulkas dan diamkan dulu di suhu ruangan sampai tidak terlalu dingin. Panaskan minyak sampai benar-benar panas, lalu kecilkan api. Masukkan tahu, jangan terlalu banyak agar bisa mengembang sempurna.

Goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan. Resep ini bisa menghasilkan sekitar 5 porsi tahu bulat.

  1. Tahu Bulat Isi

Tahu Bulat Isi

Bagi kamu yang mulai bosan menikmati tahu bulat kopong (tanpa isian), kini kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan isian, lho. Sehingga cita rasa tahu bulat akan menjadi lebih lezat dan unik. Kamu juga bisa menambahkan isian sesuai dengan bahan makanan kesukaan kamu.

Baca Juga : Resep Membuat Brownies Panggang

Bahan Membuat Tahu Bulat Isi:

  • 500 gram tahu putih
  • 1 butir telur ayam
  • 4 siung bawang putih
  • Baking powder, garam, dan penyedap rasa masing-masing 1 sendok teh
  • Tepung tapioka secukupnya
  • Isian tahu bulat sesuai selera (keju, sosis, cabai)

Cara Membuat Tahu Bulat Isi:

  1. Bersihkan tahu putih dan letakkan pada sebuah wadah. Hancurkan tahu putih tersebut hingga benar-benar halus. Peras tahu hingga airnya tidak tersisa. Gunakan kain kasa untuk memudahkan proses memeras air tahu.
  2. Haluskan bawang putih dan campurkan pada tahu yang telah dihaluskan.
  3. Tambahkan juga telur ayam, penyedap rasa, baking powder, dan juga garam pada adonan. Campurkan berbagai bahan tersebut hingga seluruhnya rata.
  4. Apabila adonan tampak begitu lembek, tambahkan tepung tapioka secara perlahan dan aduk hingga adonan nantinya mudah dibentuk. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit.
  5. Keluarkan adonan dalam kulkas dan diamkan pada suhu ruangan selama 10 menit. Bentuk adonan tahu menjadi bulat dan tambahkan isian dalam adonan tersebut. Isian tahu bulat bisa kamu sesuaikan dengan selera (bisa sosis, keju, cabai, dan lain sebagainya). Semakin banyak varian isian tahu bulat tentu akan lebih enak.
  6. Panaskan wajan dan masukan tahu adonan tahu bulat pada minyak. Untuk membuat tahu bulat lebih lezat, pastikan bahwa seluruh adonan tertutupi oleh minyak. Goreng adonan hingga kecokelatan dan tahu bulat siap dihidangkan.

Kalau ingin rasa yang tradisional, tahu bulat paling enak disantap dengan cabai dan sambal kecap. Makan sebanyak apapun tak akan terasa! Tahu bulat juga bisa lho, dijadikan lauk pendamping makanan utama.