Cara Membuat Telur Asin Tradisional

Cara Membuat Telur Asin Tradisional

Salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat digemari adalah telur asin. Bahan makanan yang diasinkan ini umumnya terbuat dari telur bebek. Caranya adalah dengan melalui proses penggaraman, telur jadi memiliki rasa lebih asin dan nikmat. Bagian kuningnya juga menjadi masir dan digemari banyak orang.

Proses pembuatan telur asin memang susah-susah gampang. Namun bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Yap, selama paham cara-caranya, telur pasti akan jadi secara sempurna dan tidak busuk. Berikut cara membuat telur asin yang bisa kamu coba ikuti.

Telur Asin Tradisional

Sesuai dengan namanya, telur asin satu ini dibuat dengan cara tradisional, yaitu menggunakan bantuan batu bata. Telur bebek atau ayam akan diperam selama beberapa hari lalu dicuci bersih. Kalau peraman berhasil, kuning telur akan agak keras kalau dipecah, selain itu putih telur tetap bening.

Baca Juga : Lezatnya Kuliner Khas Makassar

Bahan, Alat dan Cara Membuat Telur Asin Tradisional:

  • 1 ember besar untuk menaruh telur yang akan diperam
  • 1 kg telur bebek (bisa pakai telur ayam)
  • 500 gram garam, boleh yang halus atau kasar (uyah grasak)
  • 4 balok batu bata, hancurkan sampai halus
  • air secukupnya

Langkah Pembuatan Telur Asin Tradisional:

Telur Asin Tradisional

  1. Rendam telur bebek ke dalam air dingin selama beberapa menit. Perendaman dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya telur busuk. Kalau ada yang mengambang langsung buang saja. Cek telur secara teliti dan usahakan tidak ada retakan. Kalau retak kemungkinan besar busuk saat diperam.
  2. Gosok kulit telur, tidak perlu merata lalu diamkan selama beberapa saat sebelum diperam.
  3. Siapkan adonan batu bata yang sudah hancur dan campur dengan garam. Campur rata dan beri air sedikit demi sedikit agar tidak encer.
  4. Ambil telur lalu lumuri dengan adonan dan bentuk bulatan seperti bakso. Letakkan di wadah. Ulangi sampai semua telur habis.
  5. Proses pengeraman sekitar 14 hari agar hasil maksimal. Selalu cek kondisi telur dan beri air kalau tampak kering.
  6. Jika sudah, angkat dan cuci bersih telur dari batu bata. Rebuslah sekitar 30-60 menit, lalu diamkan sampai dingin.

Baca Juga : SapuLidi Resto and Cafe

Telur memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, tidak heran telur digunakan oleh hampir semua orang dan dijadikan beragam jenis makanan, dari telur gulung sederhana hingga martabak telur yang lebih “berkelas”. Demikian ulasan tentang cara membuat telur asin sendiri yang bisa kamu praktikan di rumah.