Cara Memilih Ikan segar

Masyarakat Indonesia memiliki ciri khas yang tak terlepas dari makanan pokok nasi dan ikan. Kedua makanan itu wajib ada pada saat makan, apalagi ikan dikenal dengan kelezatannya juga dikenal sebagai sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Untuk menambah kenikmatan dari ikan tentu saja cara pengolahannya yang berbagai macam, mulai dari bakar, pepes, goreng hingga masak.

Tetapi kelezatan ikan pun tak terlepas dari kualitas ikan itu sendiri yaitu tingkat kesegarannya. Semakin segar ikan semakin terasa kenikmatan dan kelezatannya di mulut. Tak hanya itu nutrisi pada ikan segar pun terjaga sehingga sangat baik untuk tubuh. Berbeda jika ikan itu tidak segar lagi, tak hanya baunya yang menyengat juga kan berisiko merusak organ dalam tubuh karena keracunan.

Untuk itu, kamu penggemar ikan dan ingin mencoba mengolahnya sendiri, harus pintar memililih ikan segar dan ikan tidak segar jika berkunjung ke pasar. Ikan yang sudah tidak segar juga, kadang dijual dengan harga yang lebih murah, sehingga anda jangan sampai tertipu dengan harga murah ikan yang dibeli.

Bagi kamu penggemar ikan harus pintar memilih ikan sebelum dikonsumsi, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membeli ikan di pasar.

  1. Periksa kondisi fisik ikan

Periksa kondisi fisik ikan

Banyak pembeli ikan kadang tidak ingin memegang ikan itu secara langsung, jika hal itu terjadi maka kamu harus lebih jeli melihat kondisi fisik ikan. Jika masih bergerak, bisa dipastikan ikan itu masih sangat segar.  Jika ikan itu termasuk ikan bersisik, perhatikan sisiknya jika sisik ikan itu tidak terlepas  dan masih keras berarti ikan itu masih segar. Sedangkan jika memilih ikan yang tipe tidak bersisik, pastikan kulit ikan tidak terkelupas, karena jika suka terlihat terkelupas itu artinya ikan itu sudah tidak segar lagi. Perhatikan juga kondisi fisik ikan jika terlihat kaku, kemungkinan ikan itu masih segar.

baca juga : Kuliner yang Bakal Viral di Sosmed

  1. Lihat bagian mata ikan

Lihat bagian mata ikan

Sebelum membeli ikan, lihat terlebih dahulu mulai dari fisiknya. Perhatikan bagian mata ikan, ikan segar biasanya memiliki mata bening dan tidak lembek saat ditekan atau terasa keras. Jika anda menemukan ikan yang matanya terasa lembek atau memerah bisa dipastikan ikan itu tidak segar lagi. Apalagi kalau mata ikan itu sampai terlepas itu artinya ikan itu sudah lama atau sudah tidak segar lagi.

  1. Perhatikan isi perut ikan

Perhatikan isi perut ikan

Ciri-ciri ikan yang  sudah tidak segar juga dapat dilihat dari isi perutnya. Ikan yang memiliki isi perut yang pucat dan berwarna hitam itu artinya ikan tersebut sudah tidak segar lagi. Ikan segar ditandai dengan isi perut ikan yang berwarna kemerahan dan terlihat segar. Bagian tubuh ikan yang paling sensitif dan mudah busuk jika telah melewati satu kali 24 jam adalah bagian perut.

baca juga : Restoran Chinese Food di Jakarta

Sehingga penjual tidak bisa membohongi jika isi perut ikan sudah mulai membusuk. Kamu juga harus lebih pintar dalam hal memilih dan melihat ikan segar. Jangan ragu untuk mneyentuh atau bahkan memeriksa kelayakannya sebelum membelinya.

  1. Periksa insangnya

Periksa insangnya

Sama halnya dengan isi perut ikan, insang ikan segar juga ditandai dengan warna kemerahan dan segar. Insang tidak berlendir dan tidak menyengat. Karena bagian insang ikan adalah bagian yang mudah busuk dan menghasilkan lendir jika sudah tidak segar lagi. Jadi periksa dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli. Karena kualitas dan nutrisi ikan ditentukan dari segarannya bukan dari murahnya.