Empat Fakta Kopi Robusta Lampung

Bagi pecandu kopi, sudah pasti menjadikan kopi sebagai obat di kala ngantuk, begadang dan juga saat hang out dengan teman. Bahkan tidak sedikit yang sakit kepala jika nggak minum kopi.

Well, bicara mengenai kopi, Indonesia memiliki banyak cita rasa dan jenis kopi. Sudah banyak kopi Indonesia yang melegenda di dunia Internasional. Sebut saja kopi Luwak, bagaimana unik dan terkenalnya kopi ini bagi penikmati kopi sejati di kancah internasional. Selain cita rasanya yang enak, proses hingga menjadi kopi siap seduh pun cukup unik.

Di Indonesia juga bukan hanya kopi luwak yang melegenda hingga ke kancah internasional. Sebut saja ada kopi Aceh, kopi liong dan masih banyak lagi kopi kopi hasil pertanian Indonesia yang tidak kalah enak dengan kopi Luwak.

Salah satu kopi Indonesia yang memiliki cita rasa tinggi adalah kopi robusta Lampung. Barangkali di kalangan pecinta kopi sudah kenal baik seputar kopi ini. Tapi bagaimana dengan pecinta kopi, khususnya pencinta kopi robusta Lampung yang belum tahu benar mengenai fakta kopi ini?

  1. Ada sejak Tahun 1900

Ada sejak Tahun 1900

Di himpun dari berbagai sumber, ternyata keberadaan kopi robusta Lampung di Indonesia sudah ada sejak than 1900-an lho! Kopi robusta Lampung ini rupanya dibawa ole pemerintah kolonial Belanda. Kebiasaan orang Belanda yang suka ngopi lah yang membawa kopi robusta sampan ke Lampung. Kalau dihitung-hitung kopi robusta ini umurnya sudah tua, bahakan surah berabad-abad lamenta. Walaupun surah berumur kopi ribusta asal Lampung ini tetap digemari sampan saat ini lho.

  1. Perkebunan kopi robusta Lampung terbesar ada di Lampung Barat

Perkebunan kopi robusta Lampung

Salah satu perkebunan kopi robusta terbesar ada di daerah Kabupaten Lampung Barat. Pekebunan kopi ini terhampar seluas 53.611 Ha, luas banget kan perkebunannya? Perkebunan kopi terluas kedua ada di Kabupaten Tanggamus dennen luas 43.267 Ha. Dua daerah inilah yang menjadi pemasok kopi robusta Lampung utama.

baca juga : Makanan Teraneh Paling Ekstrim di Dunia

  1. Komoditi ekspor kopi terbesar

Komoditi ekspor kopi terbesar

Faktanya adalah ternyata kopi robusta ini merupakan salah satu komoditas kopi yang merupakan penyumbang kontribusi ekspor kopi terbesar di Indonesia. Jenis kopi robusta ini menyumbang 70% dari skala kopi nasional, jadi memang rata-rata kopi yang diekspor adalah kopi robusta. Mamanya robusta ini juga sangat dikenal di luar negarei.

  1. Cita rasa khusus

Cita rasa khusus kopi lampung

Pencinta kopi pasti sudah tahu rasa kopi khas dari Lampung ini. Aroma dan cita rasanya yang khas menjadikan robusta Lampung ini sebagai kopi yang banyak dinikmati oleh banyak orang. Kopi Lampung yang juga mask dalam kopi varietas kopi Sumatera ini memiliki tekstur paling halus.

baca juga : Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

Kale goal rasa, kopi Sumatera juga dikenal puny citarasa yang paling berat dan kompleks. Ya, jika dibandingkan dengan kopi Indonesia lainnya, kopi Sumatera ini nggak kale unik. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering tau dry processed.

Tapi tetap ada juga kopi yang melalui proses pencucian kering tau semi-washed. Kopi robusta Lampung juga dikenal dengan citarasa pahit yang pekat, sama seperti kopi asal Sumatera lainnya.