Kalori Sushi Ternyata Berbanding Terbalik dari Ukurannya yang Mini

Kulinerresto.com – Kalori sushi mungkin tidak seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Sebab sepintas, sushi terlihat seperti makanan sehat dan cocok untuk diet karena hanya terdiri atas sedikit nasi, nori, sayuran, dan ikan atau makanan laut lainnya. Padahal, tahukah Anda bahwa kalori sushi bisa mencapai angka lebih dari 500?

Sushi lebih banyak dikenal sebagai jenis kuliner dari Jepang yang terdiri atas nasi putih dan ikan laut yang digulung dalam nori (rumput laut). Menu ini biasanya disajikan bersama dengan kecap asin, wasabi, dan acar jahe.

Beda jenis sushi yang Anda makan, maka beda pula jumlah kalori sushi yang masuk ke tubuh. Bagaimana cara mengetahui kalori sushi yang Anda santap?

Kalori sushi bisa mencapai ratusan

Secara garis besar, kalori sushi akan sangat tergantung pada porsi dan bahan yang digunakan di dalamnya. Misalnya, sushi tradisional yang hanya terdiri atas nasi putih, rumput laut (nori), dan ikan memiliki kalori yang relatif rendah, yakni sekitar 200-250 kalori per 6 potong.

Meskipun demikian, nilai kalori sushi akan melipat ganda jika ia mengalami modifikasi, seperti yang banyak ditemukan di restoran sushi di Indonesia. California roll yang secara tradisional merupakan sushi isi alpukat dan daging kepiting, bisa memiliki kalori tinggi hingga 410 per potong jika Anda menambahkan mayonaise dan krim keju untuk menambah rasa gurih.

Baca juga : 7 Manfaat Air Bawang Putih yang Menyehatkan untuk Tubuh

Kalori sushi yang tinggi juga bisa ditemukan pada gulungan yang berisi ikan atau udang yang digoreng maupun dibalut dengan tepung. Apabila sedang menjalani diet, Anda tetap dapat makan sushi dengan memilih variasi yang sesuai.

Berbagai variasi menu sushi

Anda bisa melihat berbagai variasi menu sushi di restoran dengan sajian khas Jepang ini, dan memilih yang sesuai dengan diet maupun rasa penasaran.

  1. Nigiri

Jenis sushi ini terdiri dari potongan ikan mentah (atau potongan jenis makanan lainnya) yang diletakkan di atas nasi yang dipadatkan sebesar ibu jari.

  1. Gunkan

Gunkan disebut juga sushi roll atau sushi berbentuk gulungan. Isi dari sushi ini adalah ikan mentah dan bahan-bahan lainnya yang dibungkus di dalam nasi dan lembaran rumput laut (nori).

Sushi gunkan disajikan dalam ukuran yang berbeda-beda, misalnya futomaki (gulungan tebal) dan hoso-maki (gulungan tipis).

  1. Temaki

Sushi ini juga berbentuk gulungan. Hanya saja, di bagian ujungnya dibentuk kerucut, menyerupai cone es krim.

  1. Inari

Sushi jenis inari terbuat dari nasi yang sudah dicampur cuka dan dimasukkan dalam kulit tahu berbumbu, kemudian digoreng.

  1. Chirashi

Sushi chirashi dibuat dari potongan berbagai jenis ikan mentah ditempatkan di atas semangkuk nasi.

Baca juga : 6 Jenis Makanan untuk Mengencangkan Payudara

  1. Sashimi

Nama sashimi mungkin sudah cukup sering Anda dengar sebagai sajian sushi. Sashimi disajikan tanpa nasi, melainkan hanya irisan ikan yang dimakan mentah.