Kue Basah Khas Indonesia

Kue Basah Khas Indonesia – Kue basah sering kamu jumpai sebagai camilan keluarga di rumah. Bahkan, jajanan pasar ini cocok juga sebagai sajian spesial untuk tamu atau pada momen kumpul-kumpul bersama keluarga besar dan teman-teman.

Kekayaan kuliner Indonesia satu ini memang punya banyak penggemar. Buat kamu yang hobi ngemil, untuk melengkapi kue bolu dan kue kering yang ada, yuk coba deh 15 resep kue basah tradisional berikut ini.

  1. Kue Bugis

Kue Bugis

Kue ini berbahan dasar tepung ketan dan isian parutan kelapa muda, kue ini terasa legit dan harum pandan. Pas untuk teman minum teh atau kopi.

  1. Nagasari

Kue Nagasari

Kue berbahan dasar tepung beras ini biasanya berisi irisan pisang. Lebih lezat kalau kamu santap selagi hangat.

  1. Carabikang

Kue Carabikang

Masih dari bahan dasar tepung beras, carabikang terkenal sebagai kue basah berwarna cantik. Kue ini terasa manis di lidah dengan sedikit rasa gurih dari campuran santan.

Baca Juga : Cara Membuat Martabak Telur Spesial

  1. Bolu Kukus Mekar

Bolu Kukus Mekar

Cara membuat bolu kukus cukuplah mudah. Namun, tantangan terbesar bikin kue ini adalah bagaimana membuat bolu mekar sempurna. Caranya, pastikan beberapa bahan dalam kondisi segar dan bersuhu ruang, seperti telur dan minuman bersoda.

  1. Bika Ambon

Bika Ambon

Kue ini memadukan rasa manis dan gurih dengan tekstur kue yang unik. Lembut dan bersarang, membuat bika ambon menjadi oleh-oleh wajib wisatawan saat berkunjung ke Medan.

  1. Lemper

Kue Lemper

Kue basah ini selalu ada pada acara kumpul-kumpul bersama keluarga dan teman. Terbuat dari beras ketan berisi daging ayam cincang, lemper adalah camilan tepat untuk mengganjal rasa lapar.

  1. Cenil

Kue Cenil

Identik sebagai camilan warna-warni dengan tekstur kenyal, cenil sering hadir bersama jajanan tradisional lainnya seperti getuk dan lupis. Rasa manis dari kuah gula merah selaras dengan taburan kelapa parut di atasnya, lezat!

  1. Talam

Kue Talam

Kue talam punya banyak variasi. Talam ubi salah satu variasi yang populer di kalangan masyarakat. Rasa legit dan tekstur lembut, proses pembuatan kue talam terbilang mudah lho.

Baca Juga : Cara Membuat Tahu Bulat Crispy

  1. Klepon

Kue Klepon

Bulatan kue berwarna hijau ini menyimpan kejutan di dalamnya, yaitu isian gula merah yang lumer di mulut. Meski cake klepon sedang naik daun, klepon tradisional selalu mampu memuaskan rasa kangenmu pada camilan khas Indonesia.

  1. Kue Wajik

Kue Wajik

Biasanya kue ini berbentuk belah ketupat atau wajik. Dari bentuk itulah nama kue wajik berasal. Ada banyak varian kue wajik dalam kuliner Indonesia, tetapi wajik ketan gula merah adalah varian yang paling mudah kamu jumpai.

  1. Pastel

Kue Pastel

Bersama risoles dan kroket, pastel adalah jenis kue yang mendapat pengaruh Belanda. Hingga kini, pastel masih jadi favorit masyarakat saat mencari kue basah bercita rasa gurih dengan isian lezat.

  1. Ongol-Ongol

Ongol-Ongol

Masyarakat mengenal ongol-ongol sebagai kue basah tradisional dari Tanah Pasundan. Kamu bisa menjumpai kue ini dengan mudah di pasar. Biasanya, adonan ongol-ongol terbuat dari tepung sagu, tetapi ada juga yang memakai tepung hunkwe.

Mau tepung sagu atau tepung hunkwe, selalu awali dengan ShopBack sebelum membeli bahan-bahan kue. Untuk membuat ongol-ongol, kamu bisa membeli tepung sagu atau tepung hunkwe berkualitas di BlibliMart.

  1. Risoles

Risoles

Pengaruh Belanda memang terasa kuat dalam kuliner Indonesia, sepertiĀ  risoles. Rasanya sulit untuk tidak menyukai risoles dengan varian isi beragam. Namun, risoles ragout ayam adalah pilihan kue basah klasik yang pas untuk camilan sore hari.