Kuliner Yogyakarta yang Unik dan Nyeleneh

Jogja adalah kota yang istimewa. Sesuai dengan namanya yang mendapatkan penghormatan khusus di negara Indonesia ini. Setiap sudut kota ini serasa memiliki pesona yang tak hentinya memantik kekaguman. Mulai dari sejarah, wisata, budaya, sampai kulinernya pun mempunyai keunikan yang menunjukkan ciri khas Kota Jogja dan dijuluki sebagai kuliner nyeleneh.

Berbicara soal kuliner, di Jogja terdapat berbagai macam kuliner yang selalu mampu menarik rasa penasaran dari wisatawan yang datang ke Jogja. Tidak heran banyak wisatawan yang rela berburu kuliner Jogja sampai ke pelosok desa di pinggiran Kota Jogja. Memang beberapa kuliner Jogja juga tersedia di tempat lain di luar Jogja, tetapi ada pula kuliner yang hanya dapat dijumpai di Jogja. Penasaran dengan kuliner tersebut? Berikut Kuliner Nyeleneh yang Hanya Dapat Ditemukan di Jogja.

  1. Kopi jos

Kopi jos

Kopi jos merupakan salah satu kuliner nyeleneh di Jogja yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan luar Jogja. Kuliner ini sejatinya berupa kopi biasa pada umumnya, namun memiliki cara penyajian yang unik. Suguhan kopi hitam yang sudah siap disajikan dalam gelas kemudian dimasukkan bongkahan arang panas yang berwarna merah bara. Minuman ini disebut kopi jos karena saat arang dimasukkan ke dalam kopi panas menimbulkan suara ‘joss’ sehingga banyak yang menyebutnya dengan istilah kopi jos.

baca juga : Makanan Khas Lampung yang Terkenal

  1. Mie lethek

Mie lethek

Mie lethek adalah mie yang diproduksi oleh masyarakat Srandakan, Kabupaten Bantul. Asal usul namanya, yaitu ‘lethek’ yang berarti kotor. Namun mie tersebut bukanlah mie yang kotor, melainkan penampilannya saja yang terlihat kotor atau kusam. Mie lethek ini dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka dan gaplek.

  1. Geblek

Geblek

Kuliner nyeleneh berikutnya adalah geblek. Geblek merupakan makanan khas yang dimiliki daerah Kulon Progo. Kuliner ini diolah dengan menggunakan bahan dasar tepung tapioka basah dan ditambah dengan bumbu bawang. Ciri khas dari makanan ini yaitu bentuknya yang unik dan berwarna putih bersih kenyal. Geblek ini sangat cocok apabila disantap dalam kondisi hangat karena setelah dingin, makanan ini akan menjadi mengeras dan alot.

  1. Walang goreng

Walang goreng

Walang goreng atau belalang goreng merupakan makanan yang memang tergolong ekstrim karena diolah dengan bahan dasar belalang. Makanan ini dapat dijumpai di pinggir jalan daerah Gunungkidul. Banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan kuliner nyeleneh yang satu ini. Awalnya kuliner ini adalah makanan yang biasa disantap oleh warga Gunungkidul bersama dengan nasi dan lauk pauk lainnya. Namun karena banyaknya minat dari wisatawan luar Jogja, maka diproduksilah makanan ini menjadi oleh-oleh khas dari Gunungkidul.

baca juga : Makanan Khas Jawa Timur

  1. Gathot

Gathot

Satu lagi makanan khas sebagai kuliner nyeleneh yang dimiliki daerah Gunungkidul, yaitu gathot. Gathot merupakan makanan yang diolah dari bahan dasar ketela atau ubi kayu. Awalnya makanan ini dibuat untuk menggantikan nasi sebagai bahan makanan pokok karena kondisi geografis di Gunungkidul yang cukup kesulitan untuk menanam padi. Namun seiring berjalannya waktu, kuliner ini justru semakin populer di luar Gunungkidul.