Legitnya Baklava dan Kunafe Autentik Turki

Legitnya Baklava dan Kunafe Autentik Turki – Kudapan manis Turki berupa baklava ini sangat populer di Indonesia. Sebuah gerai bernama Mardin Baklava Patisserie menawarkan baklava dengan berbagai varian rasa.

Baca juga : Resep Martabak Mini Green Tea

Baklava merupakan kudapan dari phyllo pastry yang tipis dan memiliki banyak lapisan. Setiap lapisan pada baklava berisi kacang-kacangan, sirup dan madu. Baklava memiliki cita rasa yang manis dengan sensasi yang renyah.

Meski berasal dari Turki, tetapi baklava sangat populer di Indonesia. Mardin Baklava yang merupakan gerai pertama di Indonesia yang menawarkan baklava dengan rasa autentik Turki dan jenis beragam

Gerai yang berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur juga sangat populer namanya. Banyak orang mampir untuk mencicip kudapan manis khas Turki tersebut. Sayangnya, kondisi di tengah pandemi ini membuat kami belum bisa menikmati baklava langsung di gerainya.

Karenanya kami memilih untuk memesannya secara online melalui layanan ojek online. Pemesanan baklava harus dilakukan minimal per 250 gram. Kami pun memesan paket mix baklava 250 gram (Rp. 201.500).

Paket tersebut berisikan 10 potong baklava dengan berbagai varian. Seperti Pistachio, Classic Pistachio, Coconut Chocolate, Classic Walnut, Full Pistachio, Cashew dan masih banyak lagi.

Baklava dikemas dalam kotak berwarna hitam dengan tulisan ‘Mardin Baklava Patisserie’ berwarna gold yang membuat tampilannya terkesan mewah.

Seperti umumnya rasa baklava dominan manis legit. Hanya saja dibedakan dengan jenis kacang-kacangan dan tingkat kemanisan. Teksturnya renyah karena lapisan tipis phyllo pastry apalagi ditambah dengan selipan cincangan kacang pistachio yang gurih.

Rasa manis pada baklava dihasilkan dari siraman sirup gula. Dalam satu gigitan terasa renyah pistachio, garing phyllo pastry dan lembapnya sirup gula. Dari sekian banyak varian baklava yang menjadi favorit kami adalah Classic Pistachio.

Rupanya varian Classic Pistachio memiliki lapisan sebanyak 46 layer berisi kacang pistachio. Selain itu, kacang pistachio juga diberikan rotal dan mendominasi baklava ini. Sementara untuk varian kacang walnutnya, kami menyukai Classic Walnut.

Pemberian kacang-kacangan pada isian baklava ini terbilang royal. Rasa manis dari sirup gula dan gurih dari kacang berpadu dengan sempurna. Namun, untuk lidah orang Indonesia baklava khas Turki ini agak terlalu manis. Tapi sangat enak jika dinikmati dengan kopi pahit.

Baklava dengan varian Coconut Chocolate juga tak kalah enak. Ukuran baklava ini sedikit lebih besar dibandingkan varian baklava lainnya. Rasa cokelatnya terasa kuat dan manisnya sangat cocok dengan perpaduan gurih dari campuran kelapanya.

Selain baklava, gerai ini juga menawarkan kudapan Turki lainya, yaitu kunafe. Kunafe terbuat dari keju leleh yang kemudian dilapisi dengan sirup. Kunafe kemudian dipanggang hingga warnanya menjadi kecoklatan.

Untuk menambah cita rasa, kunafe disajikan dengan kacang pistachio. Kami pun tak mau melewatkan untuk mencicipnya. Kunafe Pistachio (Rp. 186.000) di Mardin Baklava juga merupakan menu andalan di sana.

Kunafe Pistachio juga dikemas menggunakan kotak berwarna hitam. Selain itu juga dilengkapi cairan berupa sirup gula yang dikemas dalam wadah plastik transparan berbentuk mungil.

Kunafe ini teksturnya yang lembut. Pertama, kamu mencoba kunafenya tanpa siraman sirup gula, rasanya gurih, karena di dalamnya ada campuran kelapa. Kemudian kami mencoba dengan menyiramkan sirup gula.

Tambahan sirup gula membuat rasa kunafenya sangat manis legit. Kalau kamu memesan kunafe ini sebaiknya segera habiskan. Sebab jika disimpan, rasa kunafe ini akan berubah menjadi kecut seperti basi.