Makanan Favorit Saat Lebaran

Makanan Favorit Saat Lebaran – Saat merayakan Hari Idul Fitri tidak saja identik dengan acara kumpul keluarga, baju baru, dan saling bermaafan. Hal yang paling ditunggu lainnya adalah sajian makanan lebaran selama perayaan lebaran. Menu-menu khas yang hanya muncul saat hari raya ini sudah pasti membuat banyak orang rindu rumah dan bersantap bersama.

Kalau ShopBackers membaca daftar makanan lebaran yang khas berikut ini, kamu pasti setuju kalau panganan-panganan ini memang yang paling ditunggu saat hari raya.

Berikut Beberapa Makanan Favorit Saat Lebaran yang Bisa Anda coba :

  1. Ketupat Lebaran

Ketupat Lebaran

Daftar makanan lebaran terfavorit ini memang harus dimulai dari menu ketupat sayur. Makanan yang khas karena bentuk wajiknya bahkan jadi ikon perayaan lebaran di Indonesia. Ketupat terbuat dari beras yang diolah dengan santan sebagai pengganti nasi yang dimasak biasa. Dimasak dengan santan membuat sajian ini terasa begitu gurih dan nendang di lidah.

  1. Opor Ayam

Opor Ayam

Setelah ketupat, opor ayam jadi makanan lebaran yang sama enaknya. Daging ayam yang diolah dengan kuah santan dan campuran kunyit ini direbus cukup lama untuk membuat dagingnya jadi benar-benar empuk saat akan disantap. Opor ayam juga jadi lauk pendamping yang serasi saat disantap dengan ketupat dan kerupuk.

Kuah opor ayam penuh dengan rempah-rempah khas Indonesia seperti kencur, kunyit, serta cengkeh. Rempah-rempah pada bumbu opor ini membuatnya beraroma khas dan menggugah selera. Rasanya juga gurih dan nikmat.

  1. Semur Daging

Semur Daging

Olahan daging lainnya yang juga jadi makanan lebaran favorit adalah semur daging. Makanan berkuah ini dibuat dengan memanfaatkan daging, bisa sapi atau ayam. Bumbunya terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala, dan bumbu rempah lainnya. Semur daging ini juga biasanya dimasak dengan potongan kentang di dalamnya.

Baca Juga : Makan Romantis di Cafe Gumati

Kuahnya yang berwarna kecokelatan cocok sebagai lauk saat akan menyantap ketupat. Panganan yang satu ini termasuk olahan yang termasuk sering disajikan tidak hanya pada hari raya saja. Hal ini karena bahan dasar semur bisa dikreasikan dengan bahan lainnya, seperti tempe, tahu, telur, atau ikan.

  1. Gulai Ayam

Gulai Ayam

Selain opor, semur dan rendang, kamu juga bisa memasak gulai. Cita rasanya yang lezat cocok untuk lauk makan bersama ketupat. Kuah kentalnya yang terbuat dari berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia.

  1. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh

Hidangan Lebaran nggak lengkap kalau nggak ada sayur lodeh untuk diguyurkan ke ketupat Lebaran. Rasanya yang khas bikin menu lebaran kamu di samping opor, rendang dan semur jadi semakin lengkap.

  1. Kue Nastar

Kue Nastar

Baca Juga : Wisata Kuliner Pasar Atom Surabaya

Kue nastar biasanya diisi dengan isian selai buah nanas. Bentuknya bundar, dan rasanya begitu lembut ketika dikunyah. Kamu bisa berkreasi dengan beragam variasi resep kue nastar, lho!

  1. Kue Kacang

Kue Kacang

Mau kue yang rasanya sedikit berbeda? Coba buat kue kacang. Rasanya ada manisnya, ada gurihnya juga! Resep kue kacang sendiri sangat mudah, bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak dan bisa kamu temukan di mana saja.

Kue-kue ini biasanya menghiasi meja tamu untuk jadi cemilan kala bercengkerama bersama kerabat dan keluarga. Kamu bisa buat sendiri, lho! Rasanya pasti lebih spesial dan istimewa.