Makanan Khas Bali yang Bikin Ketagihan

Jalan-jalan ke suatu daerah, nggak akan lengkap sebelum mencicipi kuliner khasnya. Apalagi kalau liburan ke Pulau Dewata, wajib banget mencicipi makanan khas Bali yang lezat. Ada banyak makanan enak di Bali dan dijamin bakal bikin ketagihan. Khususnya buat kamu yang suka banget sama makanan pedas, makanan tradisional khas Bali dijamin bikin kamu nggak bisa berhenti makan.

Pada umumnya, kuliner tradisional Bali ini memiliki rasa rempah yang kuat. Dan seringkali dilengkapi dengan berbagai jenis sambal yang rasanya nendang banget. Kalau mau berwisata kuliner di Bali, pastikan kamu mencicipi makanan-makanan ini. Nanti setelah puas berwisata kuliner, kamu pun bisa lanjut berbelanja oleh-oleh dan makanan ringan khas Bali yang bisa dibawa pulang.

Ayam Betutu, Makanan Khas dari Bali yang Kaya Rempah

Ayam Betutu

Kuliner Bali yang satu ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Bumbu yang dipakai pun kaya akan rempah dengan dominan rasa pedas. Yang membuat masakan khas Bali ini sangat otentik adalah cara pengolahannya. Jadi, bumbu kaya rempah dimasukkan dalam bagian perut daging ayam. Kemudian dibungkus daun pisang, lalu dipanggang pakai bara api sekam. Memanggangnya juga nggak sebentar, tapi sampai 24 jam. Wah, lama juga ya. Dengan begitu, daging ayam akan terasa lembut dan bumbu meresap dengan sempurna dalam makanan khas Bali yang enak ini.

baca juga : Buka Puasa Pakai Coffee Jelly dan Almond Pudding

Sate Lilit, Makanan Daerah Bali Terbuat dari Daging Ikan Tenggiri

Sate Lilit bali

Kamu penggemar sate? Makanan Bali yang satu ini wajib dicoba. Sate lilit merupakan salah satu primadona menu makanan khas Bali. Sesuai namanya, sate ini disajikan dengan cara dililit. Umumnya yang dipakai adalah daging ikan tenggiri. Jadi daging ikan akan dihaluskan terlebih dahulu lalu diramu dengan bumbu khas Bali. Kemudian dililitkan ke batang serai. Rasanya empuk dan juga gurih. Aromanya pun, aduhai sedap. Dari ragam aneka masakan khas Bali, sate lilit termasuk yang paling banyak digemari masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

Rujak Kuah Pindang, Sensasi Asam Pedasnya Nampol Banget

Rujak Kuah Pindang

Kuliner yang satu ini agak berbeda dari makanan adat Bali kebanyakan. Tidak berbahan daging atau rempah yang kuat, melainkan memberi sensasi asam pedas yang khas. Rujak ini terdiri dari irisan mangga dan aneka buah (kadang juga rumput laut) yang diberi campuran kuah pindang serta cabai. Kebayang nggak tuh kombinasi rasanya kayak apa? Pedas, asam, manis jadi satu. Selain bisa ditemukan di berbagai restoran di Bali yang menyajikan masakan tradisional Bali, rujak kuah pindang gampang dibeli di warung atau pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Bali

baca juga : Buka Puasa Pakai Nasi Mandi dan Samosa Kambing

Nasi Jinggo, Nasi Bungkus Murah Meriah dengan Sambal Khas Bali

Nasi Jinggo

Buat kamu yang ingin wisata kuliner Bali tapi punya budget terbatas, nasi jinggo bisa jadi pilihan tepat. Dibungkus dengan daun pisang, nasi sekepal bisa dinikmati dengan lauk pauk yang bisa terdiri dari mi goreng, tempe goreng, serta suwiran daging ayam, dan pastinya juga aneka sambal Bali yang pedas. Kalau nggak sempat mampir ke restoran terkenal di Bali, menikmati sebungkus nasi jinggo di warung-warung makanan khas Bali bisa jadi pengalaman unik tersendiri.