Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur

Dunia sudah mengakui bahwa kuliner Indonesia memang tak bisa dianggap sepele. Negara kepulauan ini memiliki makanan khas yang beragam di setiap pulau dan daerahnya. Kekayaan kuliner ini menjadi salah satu daya tarik suatu daerah hingga menjadi destinasi pariwisata. Tak jarang para pelancong yang berlibur ke sebuah daerah di Indonesia hanya demi menyicipi kuliner khasnya.

Salah satu daerah yang menjadi surganya kuliner adalah Jawa Timur. Walaupun terletak di timur pulau Jawa, berbagai makanan khasnya sudah terkenal di seluruh wilayah nusantara. Berikut ini 15 makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana:

  1. Soto Lamongan

Soto Lamongan

Siapa orang Indonesia yang tak kenal makanan khas Jawa Timur yang satu ini? Ya, Soto Lamongan adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang sudah terkenal di berbagai daerah. Rasanya yang gurih dan segar ini membuat orang ketagihan. Sesuai dengan namanya, Soto Lamongan berasal dari Kota Lamongan. Kota lain di Indonesia juga memiliki makanan khas berupa soto, seperti Soto Madura, Soto Banjar, atau Coto Makassar.

Perbedaan Soto Lamongan dengan soto lainnya adalah adanya bubuk koya. Tahukah kamu apa itu koya? Koya adalah bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihaluskan sampai menjadi bubuk. Nah, bubuk koya inilah yang membuat Soto Lamongan memiliki cita rasa yang gurih.

  1. Sate Madura

Sate Madura

Bagi orang Madura, sate sudah seperti identitas yang melekat sangat kuat. Nggak heran kalau penjual sate di film selalu identik dengan orang Madura berbaju garis-garis merah dan putih, berkumis tebal, dan berlogat Madura kental.

Perbedaan Sate Madura dan sate daerah lainnya terletak pada taburan parutan kelapa yang pastinya akan menendang lidah kamu. Proses pembakaran Sate Madura menggunakan batok kelapa, sehingga aroma dan rasa yang dihasilkan menjadi sangat menggugah selera. Sate Madura memiliki beragam jenis daging olahan. Tidak hanya menyajikan sate ayam saja, Sate Madura juga menggunakan daging kambing.

  1. Bakso Malang

Bakso Malang

Kuliner terkenal dari Jawa Timur yang lainnya adalah Bakso Malang. Kuliner Bakso Malang memang tidak bisa dipungkiri lagi kelezatannya. Semua kalangan baik tua ataupun muda menggandrungi Bakso Malang ini. Bakso Malang bisa menjadi primadona karena hadir dengan sajian yang berbeda dari hidangan bakso lainnya.

Baca Juga : Makanan Favorit Saat Lebaran

Dimana, Bakso Malang memiliki berbagai varian bakso yang beragam, mulai dari bakso biasa, bakso urat, bakso kotak, bakso telur, dan masih banyak lagi. Bakso Malang disajikan dengan tambahan tahu, siomay pangsit, kerupuk pangsit, dan gorengan bulat. Inilah yang membuat Bakso Malang nagih rasanya.

  1. Gado-gado

Gado-gado

Gado-gado sudah menjadi kuliner nasional karena hamper seluruh masyarakat Indonesia mengenalnya. Namun, tahukah ShopBackers kalau gado-gado ternyata berasal dari Jawa Timur?

Selain terkenal karena rasanya yang lezat, gado-gado merupakan makanan yang dinilai cukup sehat untuk memenuhi nutrisi tubuh kamu. Gado-gado terbuat dari campuran bahan tempe, tahu, beragam sayuran rebus, telur rebus, kentang rebus, dan lontong atau ketupat yang kemudian disiram saus kacang. Dengan bahan-bahannya yang sehat, gado-gado sering disebut sebagai salad a la Indonesia.

  1. Pecel Lele

Pecel Lele

Satu lagi menu dari Kota Lamongan, Pecel Lele. Olahan lele goreng yang dipadukan dengan sambal dan lalapan ini biasanya akan dijajakan saat malam hari. Sebagai makanan malam lele goreng akan dimakan menggunakan nasi hangat plus ditemani minuman jeruk hangat. Bila kamu mencoba langsung Pecel Lele di Lamongan, maka kamu akan mendapatkan sensasi rasa yang lebih sedap lagi. Ikan lele dimasak saat masih segar-segarnya, diambil langsung dari kolam.

  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Nah, menu yang satu ini berasal dari Ibu Kota Jawa Timur. Ya, Rujak Cingur adalah makanan khas Surabaya. Berbeda dengan rujak pada umumnya yang berisikan irisan buah dan sambal rujak. Nama Cingur sendiri diambil dari bahasa setempat yang artinya hidung sapi. Jadi Rujak Cingur adalah rujak yang dihidangkan dengan hidung sapi atau cingur, tahu tempe, dan sayuran yang disiram menggunakan bumbu Rujak Cingur yang terbuat menggunakan bahan dasar petis.

Baca Juga : Makan Romantis di Cafe Gumati

Bumbu Rujak Cingur ini diulek dalam cobek lalu ditambahkan sedikit air untuk mengencerkannya. Setelah lauk dan bumbu berpadu sempurna, ditambahkan kerupuk kuning berukuran besar. Kerupuk kuning ini berbeda dengan kerupuk paada umumnya. Penasaran? Langsung saja kunjungi Surabaya untuk mencicipi nikmatnya Rujak Cingur ini.