Makanan Khas Lebaran di Berbagai Dunia

Lebaran selalu identik dengan makanan-makanan khas yang nggak pernah bisa terlewatkan. Di Indonesia sendiri, makanan-makanan seperti ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng ati, kue kering dan berbagai makanan khas lainnya pasti sudah siap tersedia saat lebaran. Nah, kira-kira kalau di negara lain makanan khas lebaran mereka apa saja ya?

  1. Hyderabadi Haleem, India

Hyderabadi Haleem

Negara yang terkenal dengan pakaian sari ini nyatanya memiliki makanan khas juga lho saat lebaran, yaitu Hyderabad Haleem. Hyderabad Haleem merupakan makanan favorit masyarakat India yang terbuat dari bubur gandum, daging sapi atau kambing, dan kacang lentil yang ditumbuk halus. Sama seperti makanan India pada umumnya, Hyderabad Haleem juga terdiri dari rempah-rempah seperti kunyit, jahe, jinten, kayu manis, cengkeh, lada hitam, bawang putih dan kapulaga.

bca juga : Bumbu Ayam Rica-Rica Kemangi

Bubur Hyderabad Haleem ini biasa dihidangkan saat panas dengan tambahan irisan telur rebus, ketumbar cincang, taburan bawang goreng serta perasan air jeruk lemon.

  1. Gulha dan Kulhi Boakibaa, Maladewa

Gulha dan Kulhi Boakibaa

Berniat mengunjungi Maladewa saat lebaran tiba? Maka makanan yang satu ini wajib banget kamu coba, Gulha dan Kulhi Boakibaa. Makanan khas hari raya Maladewa ini terbuat dari hasil olahan laut. Gulha merupakan camilan unik berbentuk bola-bola yang terbuat dari olahan ikan, sedangkan Kulhi Boakibaa merupakan nasi yang dicampur dengan daging tuna segar.

Buat kamu pecinta makanan laut maka makanan ini wajib banget kamu coba, tapi kalau alergi jangan sekali-kali deh!

  1. Meloui dan Chicken Bastilla, Maroko

Meloui dan Chicken Bastilla

Negara Maroko juga mempunyai makanan lezat khas lebaran lho, namanya Meloui dan Chicken Bastilla. Makanan ini selalu hadir di saat hari raya Idul Fitri Tiba. Meloui merupakan camilan yang terbuat dari terigu, gula, garam dan ragi, sedangkan Chicken Bastilla adalah kue yang terbuat dari bahan dasar ayam.

  1. Sup Mie La Mian, Tiongkok

Sup Mie La Mian

Meskipun negara ini dikenal dengan kaum muslim yang minoritas lantas tak membuat orang-orang muslim di Tiongkok tidak antusias saat merayakan Lebaran. Terbukti dengan adanya makanan khas dari negara tersebut yang selalu disajikan saat lebaran tiba, Sup Mie La Mian. Makanan yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang ditarik-tarik dengan tangan hingga panjang.

  1. Sa Nwin Ma Kin dan Biryani, Myanmar

Sa Nwin Ma Kin dan Biryani

Sa Nwin Ma Kin merupakan makanan sejenis cake atau puding yang berbahan dasar butiran gandum. Makanan ini biasanya disajikan bersamaan dengan nasi Biryani.

baca juga : Resep Ayam Geprek Sambal Hijau

Nasi Biryani sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan daging atau sayuran rempah. Ditaburi dengan irisan mangga, daun mint dan cabai hijau Sa Nwin Ma Kin dan Biryani menjadi menu lebaran wajib di negara Myanmar yang harus ada saat lebaran tiba.

  1. Baklava dan Iftariye, Turki

Baklava dan Iftariye

Sebagai negara di Eropa dengan mayoritas muslim, Turki tentunya memiliki makanan khas yang selalu ada saat Hari Raya tiba, Baklava dan Iftariye. Baklava merupakan makanan berbahan pastry yang dijadikan kue dengan tekstur berlapis-lapis dan berisi berbagai macam potongan kacang yang kemudian di atasnya akan disiramkan sirup serta madu.

ementara Iftariye merupakan roti berbentuk seperti pizza dengan dihiasi berbagai topping yang terdiri dari kurma, buah zaitun, roti pide, pastirma, hingga keju.