Makanan Khas Riau yang Enak

Makanan Khas Riau yang Enak

Riau, termasuk provinsi di Indonesia yang cukup padat, terutama di Kota Pekanbaru. Selain padat penduduk, kota ini juga kaya akan sumber daya alam. Kalau ShopBackers datang ke tempat ini, ada destinasi wisata alam menarik seperti Ulu Kasok, Puncak Kompe, Sungai Gulamo, dan masih banyak lagi.

Selagi berwisata ke sini, jangan lupa juga untuk mencicip makanan khas Riau seperti mi sagu dan gulai siput. Dua kuliner ini menyajikan cita rasa yang lezat, gurih, dan kaya nutrisi. Di samping itu, masih banyak pula kuliner Riau yang wajib kamu coba karena akan jarang ditemui di tempat lain.

  1. Mie Sagu

Mie Sagu

Mie sagu adalah salah satu makanan khas Riau yang cukup unik. Jika mi di kota lain dibuat dari tepung terigu maupun tepung lain, mi sagu adalah mi yang terbuat dari sagu. Sagu ini sama dengan sagu yang menjadi makanan pokok di daerah Papua. Teksturnya sedikit lengket namun tetap enak, gurih, serta lezat.

Mi sagu juga menjadi salah satu makanan yang paling banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Riau. Makanan ini termasuk kuliner sehat dan bahkan aman untuk kamu yang sedat diet ataupun pemilik diabetes. Ini karena kandungan gula dalam sagu tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

Di Riau, mi sagu disajikan dengan tauge, irisan ayam, taburan bawang goreng dan seledri, tauge, dan ikan teri sambal goreng. Mi sagu ini berbentuk kering karena disajikan tanpa kuah. Meski begitu, tekstur mi sangat kenyal sehingga enak untuk disantap kapan saja.

  1. Gulai Siput

Gulai Siput

Gulai siput adalah makanan khas Riau yang juga sering disantap oleh masyarakat lokal. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar siput dan kuah santan bumbu rempah berwarna kuning. Kuah rempah ini sangat gurih dan lezat, terlebih dipadukan dengan rasa siput yang kenyal dan lembut.

Mungkin kalian merasa ragu untuk mencicipi makanan yang satu ini karena siput kadang berbau amis atau bau lumpur. Tapi, berkat rempah yang kaya dan beragam, bau amis maupun bau lumpur dari siput akan hilang.

Baca Juga : Resep Sayur Sop Bening

Bumbu rempah untuk gulai siput umumnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, jahe, merica, kemiri, dan banyak lainnya. Sehingga, kuahnya akan sangat gurih dan menutupi rasa amis siput.

  1. Roti Jala

Roti Jala

Roti jala adalah makanan khas Riau yang terbuat dari tepung. Bentuknya kotak dan memiliki jaring-jaring yang mirip dengan jaring. Seringnya, roti jala ini dinikmati sore hari sebagai camilan sembari menunggu makan malam.

Pada zaman dulu, roti jala hanya disajikan saat ada acara-acara keluarga tertentu. Oleh sebab itu roti jala menjadi sangat istimewa karena masyarakat lokal pun hanya bisa menikmatinya saat sedang acara tertentu. Tapi kini, kamu bisa menikmati roti jala kapan saja karena sudah banyak yang menjualnya.

Untuk menikmatinya, sajian ini disuguhkan bersama dengan kuah kari isian daging dan ayam. Tapi, yang lebih istimewa adalah siraman saus atau kuah durian. Saus ini sangat khas cita rasanya sehingga akan jarang ditemukan di tempat lain. Jadi, selagi kamu di Riau, coba roti jala dengan kuah kari dan saus kuah durian ini.

  1. Sop dan Sate Rusa

Sop dan Sate Rusa

Sop dan sate yang berbahan dasar ayam maupun sapi mungkin sudah biasa saja. Tapi bagaimana dengan sop dan sate rusa? Pernahkah ShopBackers mencoba makanan khas Riau yang satu ini?

Baca Juga : Cafe di Gading Serpong Paling Instagramable

Ya, sop dan sate rusa merupakan salah satu kuliner unik dan menarik yang yang wajib dicoba ketika kamu berwisata ke daerah ini. Sop dan sate ini benar-benar terbuat dari daging rusa asli. Rasanya sedikit manis dan legit.

Sop dan sate rusa biasanya disajikan dengan sepiring nasi hangat. Sate rusa terasa sangat empuk dan gurih ketika sudah dibakar dengan bumbu. Sedangkan daging rusa yang dijadikan bahan sop akan terasa sangat lembut dan gurih. Daging rusa yang ada di dalam sop umumnya dibakar terlebih dahulu, maupun direbus langsung dengan kuah dan ditambahkan sayuran lain.