Makanan Khas Sumatera Barat

Makanan Khas Sumatera Barat

Makanan khas Sumatera Barat sangat terkenal dengan cita rasa lezatnya. Hal ini juga sering kali diidentikkan dengan rasa bumbu rempah-rempahnya yang tajam. Ketajamannya ini sangat cocok untuk dinikmati dan menggoyang lidah. Nah, jika kamu ingin menikmati masakan khas Sumatera Barat, ada beberapa jenis yang paling cocok untuk disantap seperti berikut ini.

  1. Rendang Sapi

Rendang Sapi

Siapa sih yang tidak mengenal rendang sapi khas Sumatera Barat? Makanan yang satu ini terkenal dengan ketajaman bumbu rempahnya. Kelezatan rendang sapi juga sudah mendunia. Masakan ini disukai oleh banyak orang dan terkenal awet disimpan di luar maupun dalam lemari pendingin. Kini, kamu pun bisa membuatnya sendiri dan menikmati kelezatan makanan ini dengan perpaduan daging sapi dengan rasa rempahnya yang tajam.

  1. Asem Pandeh Daging

Asem Pandeh Daging

Selain rendang, ternyata Sumatera Barat juga memiliki olahan lain yang enak, yaitu asem pandeh daging. Sama seperti namanya, makanan ini dibuat dari bahan dasar daging sapi. Cita rasa masakan ini ialah asam pedas yang dihasilkan oleh cabai serta ada juga asam dari kandis.

Baca Juga : Resep Martabak Mini Green Tea

Selain daging sapi, ada juga yang membuat masakan ini dari ayam. Jika dibuat dari daging sapi, penampilannya mirip sekali dengan rendang, sebab warna dagingnya coklat dengan adanya kuah rempah yang siap menggoyang lidah.

  1. Kacimuh

Kacimuh

Kacimuh merupakan makanan khas lainnya yang berasal dari Sumatera Barat. Meskipun berbahan dasar singkong, akan tetapi cita rasa setelah diolah menjadi kacimuh akan membuatmu ketagihan. Kamu juga tidak perlu merasa ragu, sebab rasanya pun sangat lezat untuk kamu nikmati.

Pembuatannya pun tidaklah rumit. Penyajiannya sederhana, dengan olahan singkong yang ditumbuk dengan gula dan kelapa parut. Kamu bisa mendapatkan cita rasa gurih bercampur manis berpadu lezat dalam porsi yang pas.

  1. Lompang Sagu

Lompang Sagu

Lompang sagu merupakan kudapan yang langka ditemui. Makanan ini berasal dari wilayah Minang. Cita rasa yang ditawarkan ialah dominan manis dan ada aroma khas pemanggangan. Makanan dengan bahan utama sagu ini memiliki bentuk yang unik dan berwarna-warni.

Pada umumnya kue ini dipotong persegi panjang, kemudian ada juga parutan kelapa yang menyelimutinya. Kamu bisa juga menikmati cita rasa gurih dari parutan kelapa ini, sehingga akan sangat pas dipadukan dengan manisnya campuran sagu, gula merah, dan pisang raja atau kepok.

  1. Sate Lokan

Sate Lokan

Sate lokan menjadi salah satu makanan khas Minangkabau, khususnya Padang. Berbeda dengan kebanyakan sate, bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah kerang hijau. Memang nama dan tampilan kerang yang digunakan ialah hijau.

Baca Juga : Cara Membuat Bakwan Jagung Spesial

Akan tetapi, setelah dimasak kamu bisa melihatnya berubah menjadi oranye kemerahan. Seperti satai pada umumnya, daging kerang yang digunakan akan ditusuk serta ditambahkan dengan kuah kental sebagai penambah kelezatannya.

  1. Galamai

Galamai

Makanan khas Sumatera Barat satu ini cukup terkenal, yakni galamai. Makanan yang juga disebut dengan nama kalamai ini sekilas memang mirip seperti jenang atau dodol seperti di Jawa. Akan tetapi ada pembeda yang bisa kamu temukan pada kudapan dengan cita rasa manis dan gurih ini. Berbeda dengan jenang atau dodol, galamai diberi taburan kacang tanah di atasnya. Dengan begitu, kamu pun bisa menikmati cita rasa gurih sebagai perpaduan dari manis yang dominan.