Makanan Khas Sunda yang Bikin Nagih

Makanan khas Sunda jadi salah satu makanan favorit banyak orang. Kuliner asal Provinsi Jawa Barat ini punya ragam makanan Sunda yang beragam dan begitu khas.

Rasa masakan Sunda begitu otentik dan lezat, terkenal dengan rasa gurih dan segar. Enggak heran kalau makanan Sunda ini banyak penikmat dan pecintanya. Rasanya sih susah untuk menahan godaan menu makanan Sunda yang begitu menggiurkan.

  1. Nasi Timbel

Nasi Timbel

Nasi timbel jadi salah satu makanan andalan dari tanah Sunda nih. Semacam perkenalan, Nasi Timbel ini jadi pembuka jalan mencicipi makanan Sunda lainnya.

Cara penyajiannya pun enggak berubah lho dari dulu nasi timbel ini konsisten dibungkus dengan daun pisan. Inilah yang bikin nasi timbel enak dan lain dari yang lain. Sebagai pelengkap nasi timbel paling enak dimakan dengan ayam goreng atau panggang, ikan asin, sambal dan tak ketinggalan lalapan.

  1. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Nasi Liwet sempat viral banget di tahun 2018, masi ingat dong hebohnya makan nasi langsung di atas meja? Nah sebenarnya makanan ini berasal dari Jawa Barat. Liwetan atau nasi liwet biasanya disantap di acara kumpul-kumpul tujuannya untuk mempererat silahturahmi.

Nasi liwet punya citarasa khas ada rasa gurih dan asin yang berasal dari santan kelapa plus ikan teri. Sebagai lauk kamu bisa menambahkan rebusan telur, ikan teri, daun serai, tahu, tempe dan juga ayam goreng atau ayam bumbu kecap yang identing memiliki rasa lezat sedikit manis.

  1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Mungkin makanan satu ini cukup terdengar asing di telinga kamu. Makanan khas Sunda asli satu ini berasal dari Tasikmalaya. Nasi tutug oncom terdiri dari nasi yang dicampur dengan olahan kedelai yaitu oncom.

baca juga : Mousse Cake Es Doger dan Es Teler yang Creamy Legit

Campuran rasa nasi dan oncom inilah yang membuat makanan ini lezat. Biasanya nasi tutug oncom ini dilengkapi juga dengan sambal hijau yang mengugah selera.

  1. Karedok

Karedok

Kalau Jakarta punya gado-gado, orang Sunda punya karedok. Walaupun sama-sama menggunakan saus kacang, karedok punya rasa saus yang unik karena menggunakan temu kunci. Sayuran mentah yang ditambah dengan siraman bumbu kacang ini paling enak disantap bersama ayam goreng atau gurame goreng.

5.Mie Kocok

Mie Kocok

Berkunjung ke kota Bandung, kurang pas tanpa menyantap mie kocok. Mie kocok ini sangat mudah dijumpai di kota kembang. Mie kocok menggunakan mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi plus irisan kikil. Beberapa tempat makan juga menyajikannya bersama bakso.

baca juga : Legitnya Baklava dan Kunafe Autentik Turki

  1. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu gejrot makanan khas Cirebon ini sangat populer di kalangan pecinta makanan. Harganya yang murah dan rasanya yang lezat membuat tahu gejrot sangat terkenal. Bahan membuatnya sangat sederhana tahu goreng disiram dengan kuah yang punya rasa cenderung manis-asam. Kalau kamu suka pedas jangan lupa minta cabai rawit yang dicampur di kuahnya.