Makanan yang Mampu Menghilangkan Bau Mulut

Makanan yang Mampu Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut ketika berpuasa merupakan hal lumrah. Sebab, selama 12 jam lebih kita tidak mengunyah makanan maupun menyesap minuman. Selain faktor bakteri di mulut, bau mulut juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung, gigi berlubang, dan lain-lain.

Meskipun menjadi hal yang biasa, namun bau mulut yang berlebihan tentu akan mengganggu kepercayaan diri serta interaksi dengan orang lain. Untuk itu sebisa mungkin kita harus memilih-milih makanan ketika sahur agar tidak berpengaruh pada bau mulut. Nah, berikut ini sejumlah pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

  1. Tomat

Tomat

Kerap digunakan sebagai obat jerawat, ternyata kandungan vitamin C dan serat tinggi dalam tomat juga ampuh membunuh bakteri penyebab bau mulut. Untuk mengonsumsi tomat, kamu bisa langsung memakannya, mengolahnya menjadi jus, atau menambahkannya sebagai bahan pelengkap salad sayuran.

Ketika sahur, kita sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat. Sebab, kandungan serat yang tinggi akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Kandungan air di dalam bahan makanan berwarna merah ini dapat memicu pertumbuhan enzim yang ampuh mengurangi bau mulut.

Bagi yang memiliki masalah dengan asam lambung, kamu dapat mencampurkan sedikit himalayan salt pada jus tomat sehingga dapat menetralkan kandungan asamnya.

  1. Apel

Apel

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, saat sahur sebaiknya perbanyak konsumsi serat. Serat dapat kamu dapatkan dari sayuran dan buah-buahan seperti pada buah apel. Ketika kamu mengunyah apel maka akan memicu produksi air liur. Maka hal tersebut dapat berfungsi sebagai pembersih mulut alami.

Baca Juga : Resep Membuat Semur Tahu Ayam dan Telur

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada apel juga ampuh untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Kamu bisa mengolah apel menjadi jus atau dimakan langsung. Jika ingin mendapatkan sensasi rasa jus yang lebih segar, buah apel bisa ditambahkan dengan madu atau sedikit perasan jeruk nipis.

  1. Yoghurt

Yoghurt

Makanan yang dibuat dari fermentesi susu ini bisa kamu pilih sebagai selingan saat sahur sekaligus mampu menghilangkan bau mulut saat puasa. Apabila bosan dengan buah atau sayur, yoghurt merupakan alternatif yang baik. Kandungan probiotik di dalamnya sangat baik untuk menyehatkan pencernaan. Selain itu, pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut juga dapat dicegah.

Dengan pencernaan yang sehat, tentunya risiko bau mulut dapat diminimalisir. Yoghurt pun cocok dikonsumsi sebagai campuran salad buah. Kamu bisa memilih yoghurt plain maupun jenis yoghurt lainnya. Misalnya saja greek yoghurt. Konsumsi yoghurt sebelum makan agar pencernaan tidak bermasalah.

  1. Teh Hijau

Teh Hijau

Bau mulut juga bisa disebabkan karena adanya plak di gigi. Meskipun sudah berkumur dengan mouthwash maupun menyikat gigi, namun plak yang membandel terkadang sulit dihilangkan. Kamu bisa menghilangkannya dengan mengonsumsi teh hijau. Teh hijau diperkaya catechins yang ampuh merontokkan plak.

Baca Juga : Resep Bika Ambon yang Nikmat

Minuman yang biasanya dikonsumsi saat diet ini juga diperkaya polyphenol yang mampu memangkas pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Maka tidak ada salahnya mencoba meminum teh hijau ketika sahur maupun berbuka. Bau mulut selama berpuasa akan berkurang, tubuh pun selalu sehat dengan aneka nutrisi yang ada di dalamnya.

  1. Peterseli

Peterseli

Meskipun bentuknya mungil, peterseli mampu meminimalisir pertumbuhan bakteri di mulut. Sayuran yang biasanya hanya digunakan sebagai garnish ini bisa kamu konsumsi sebagai lalapan maupun campuran salad sayur. Konsumsi peterseli ketika sahur bersamaan dengan sayuran lainnya.

Rasa segar yang dihasilkan sayuran ini akan membuat kamu nyaman seharian tanpa bau mulut. Selain dapat dijadikan sebagai campuran salad sayur, kamu juga bisa langsung mengunyahnya. Serat pada sayuran hijau ini juga baik untuk menyehatkan pencernaan. Tentunya pencernaan yang sehat akan membantu menyegarkan bau mulut selama berpuasa.

  1. Jeruk

Jeruk

Vitamin C begitu bagus untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain dari apel, sumber nutrisi satu ini juga bisa kamu dapatkan dari jeruk. Buah yang kaya air ini mampu menjaga kesehatan mulut dan pencernaan. Penyakit radang gusi pun bisa diminimalisir risikonya degan mengonsumsi buah berwarna kuning segar ini.

Jus jeruk dengan campuran madu dan garam himalaya bisa menjadi minuman terbaik pada saat sahur. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi jeruk saat berbuka sebagai varian lain kurma.