Menu Makanan Khas Banten

Menu Makanan Khas Banten

Bicara tempat wisata di Banten tentu tidak asing lagi, namun bagaimana dengan kulinernya? Tak banyak yang tahu, provinsi yang beribu kota Serang ini nyatanya memiliki banyak makanan khas yang nikmat dan lezat. Mulai dari makanan berat hingga kudapan yang bisa kamu santap.

Bahkan, kamu pun bisa membuatnya di rumah karena bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan dan cara pembuatannya tidak sulit. Berikut makanan khas Banten yang lezat dan bisa kamu pilih untuk dibuat sendiri.

  1. Sate Bandeng

Sate Bandeng

Sate bandeng memiliki bentuk yang berbeda dari sate pada umumnya. Kamu bisa melihat tampilan yang lebih mirip dengan otak-otak bandeng khas Gresik. Akan tetapi, makanan khas Banten satu ini bisa kamu makan meski bentuknya yang besar. Cita rasanya pun nggak perlu diragukan lagi, dijamin lidahmu akan dimanjakan oleh kenikmatan makanan ini. Nah, untuk mendapatkan sate bandeng, kamu ternyata juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah tanpa harus ribet.

  1. Leumeung

Leumeung

Leumeung, makanan yang memiliki nama susah disebut ini bisa kamu temukan di daerah Banten bagian Selatan, tepatnya di Malingping. Makanan khas Banten ini dibuat dari campuran beras ketan dengan bumbu santan kelapa. Kedua bahan tersebut setelah itu dimasukkan ke bilah-bilah bambu dan dibakar sampai matang.

Sekilas, mungkin terlihat sulit untuk dibuat, namun sebenarnya makanan ini bisa kamu coba bikin sendiri tanpa harus ribet, lho. Bahan-bahannya juga cukup mudah sulit didapatkan dan harganya tetap bersahabat dengan isi kantong.

  1. Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek Cibeber

Sate berbahan dasar daging ayam, kambing, atau sapi mungkin sudah biasa dan sering kamu temukan. Namun, ternyata di Banten ada, lho sate yang dibuat dari daging bebek. Ya, sate ini merupakan makanan khas Cibeber. Sate bebek memiliki teksturnya yang lebih kenyal dan padat dibandingkan dengan sate ayam, sehingga tidak mengherankan jika makanan ini digemari oleh banyak orang, khususnya warga sekitar.

Tak jauh berbeda dengan sate lainnya, sate bebek juga memiliki bahan-bahan yang tidak sulit untuk didapatkan dan cara membuatnya cukup mudah. Sehingga kamu bisa membuatnya sendiri dan merasakan nikmatnya makanan khas Banten ini.

  1. Lepet Banten

Lepet Banten

Siapa sangka, ternyata lepet merupakan makanan yang terkenal dari Banten. Makanan ini memang sudah tersebar di berbagai daerah nusantara, akan tetapi, lepet dataran Sunda lah yang paling populer. Jajanan pasar ini memiliki bentuk yang mirip seperti nasi. Namun, lepet memakai beras ketan sebagai bahan baku pembuatannya. Kamu bisa membuat lepet sendiri untuk dinikmati dalam berbagai kesempatan. Caranya tidak sulit dan bahannya sangat mudah untuk didapatkan.

  1. Nasi Bakar Sumsum

Nasi Bakar Sumsum

Nasi bakar sumsum menjadi salah satu makanan khas Banten yang memiliki keunikan tersendiri. Makanan ini dibuat dari nasi yang dicampur dengan sumsum tulang belakang sapi maupun kerbau. Campuran kedua bahan utama tersebut menghasilkan cita rasa yang sangat gurih.

Umumnya, nasi ini bisa dinikmati bersama dengan sejumlah lauk seperti daging cincang, suwiran ayam, maupun ikan teri. Agar lebih nikmat, nasi ini bisa juga disajikan bersama dengan sambal kacang. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah dengan bahan sederhana.