Menu Nasi Bakar Saat Kumpul Keluarga

Menu Nasi Bakar Saat Kumpul Keluarga

Selain nasi goreng, kita pasti juga mengenal dengan olahan nasi bakar. Nasi bakar memang sudah familiar di lidah orang Indonesia. Apalagi jika kamu berasal dari tanah Pasundan, lidah kamu pasti sudah ‘khatam’ sama rasa dari nasi bakar ini, kan?

Kumpul Keluarga Sambil Makan Nasi Bakar

Selain rasanya yang lezat, nasi bakar juga termasuk menu yang tidak mudah basi. Proses memasaknya yang dengan cara dibakar mampu mengeluarkan kandungan air dalam nasi. Kandungan air inilah yang membuat nasi menjadi lembap dan cepat basi jika dibiarkan semalaman.

Sekilas Sejarah Nasi Bakar

Nasi bakar mulai berkembang sekitar tahun 2000-an. Istilah nasi bakar mengacu kepada nasi yang dicampur dengan bumbu dan lauk, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar di atas arang. Daun pisang inilah yang akan memberi aroma yang unik saat dibakar dan akan menambah cita rasa pada nasinya.

Baca Juga : Hidangan Khas Bangka Belitung

Sejak kemunculannya, nasi bakar langsung jadi favorit konsumen. Para pedagang pun berlomba menjual aneka jenis nasi bakar dengan ragam isian dan rempah. Mulai dari isian ayam suwir, daging, teri, ikan asin, hingga hati ayam.

Nasi Bakar campur

Ada dua jenis nasi bakar yang beredar di nusantara. Yakni nasi bakar yang proses pemanggangan dilakukan setelah nasi terbungkus daun pisang. Lalu ada juga nasi yang sudah digoreng terlebih dulu, baru dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang.

Nasi bakar yang digoreng terlebih dulu cenderung lebih berminyak dengan bumbu yang pekat. Sementara nasi bakar original lebih kering dan aroma asapnya lebih melekat. Dengan resep manapun, kedua jenis nasi bakar ini tetaplah lezat. Sudah pasti bakal cocok dengan lidah orang Indonesia dari segala usia.

Baca juga : Masakan Kembang Turi Semakin Memikat Hati

Nah, rasa nasi bakar yang Indonesia banget ini sudah pasti cocok dijadikan menu makanan saat kumpul bersama keluarga. Tertarik mencoba memasaknya sendiri di rumah untuk acara kumpul keluarga kamu. Dijamin gampang banget dan bikin kamu semakin disayang keluarga, deh!

Berikut Beberapa Menu Nasi Bakar Saat Kumpul Keluarga :

Nasi Bakar Ayam Jamur

  1. Nasi Bakar Ayam Jamur
  2. Nasi Bakar Ayam Pedas
  3. Nasi Bakar Teri
  4. Nasi Bakar Bandung