Oleh Oleh Khas Solo part 1

Kota Solo selain memiliki banyak tempat wisata ternyata juga memiliki banyak keragaman kuliner lezat yang sayang jika dilewatkan untuk dicoba. Sayangnya banyak dari para wisatawan bingung untuk memilih oleh-oleh mana yang bisa dibawa pulang tanpa harus khawatir menjadi basi di jalan.

Berikut adalah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan untuk teman-teman kamu.

  1. Roti Kecik Ganep’s.

Roti Kecik

Roti kecil-kecil ini dinamai Roti Kecik karena diilhami oleh tanaman sawo kecik yang banyak tumbuh di halaman dalam Keraton Kasunanan Surakarta. Terbuat dari 100% beras ketan dengan proses disangrai ditambah gula pasir dan telur sehingga bebas kolesterol dan dibuat tanpa bahan kimia.

Roti Kecik merupakan sebuah merk yang sudah dipatenkan sedangkan Ganep sendiri adalah nama dari pemilik resep Roti Kecik yang asli yaitu Ny. Auw Like Nio atau Nyah Ganep. Makanan ini juga patut kamu jadikan sebagai oleh-oleh buat teman-temanmu. Jadi jangan lupa untuk membelinya, ya!

  1. Brem

Brem

Makanan tradisional yang satu ini merupakan produk hasil peragian ketan yang menghasilkan air tape yang kemudian diolah lebih lanjut sehingga menjadi makanan yang rasanya unik. Dibilang mirip tape juga tidak, karena bentuknya padat, agak asam, manis dan dingin jika menyentuh lidah maka akan meleleh. Penasaran? Jadikan oleh-oleh khas Solo ini buruan pertamamu ketika tiba di Solo, ya!

baca juga : Sop Kambing Terenak di Jakarta

  1. Klengkam

Klengkam

Jangan lupa untuk membeli klengkam atau yang sering disebut juga kering kentang jika pergi ke Solo.  Makanan ini biasa dijadikan sebagai pelengkap untuk nasi kuning. Meskipun lengket, kering kentang ini renyah lho! Enak dijadikan sebagai lauk maupun cemilan. Rasanya pedas, manis dan gurih.

  1. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo merupakan oleh-oleh khas Solo yang recomended. Tersedia dalam pilihan rasa pedas atau manis dan bahan abon itu juga tersedia dua pilihan, sapi atau ayam. Cocok untuk dimakan bersama nasi yang hangat. Dijamin teman-temanmu pasti akan menyukainya.

baca juga : Review Takarajima Japenese Restaurant

  1. Batik Solo

Batik Solo

Solo merupakan salah satu kota penghasil batik. Ada beberapa motif dari batik Solo yaitu motif batik kawung, batik parang, truntum, batik sidomukti, satrio manah, batik mani rante, dan motif batik sawat. Kamu bisa memilih kain-kain ini sebagai oleh-oleh buat teman-temanmu, jangan lupa sesuaikan motifnya ya.