Resep Bakwan Sayur yang Gurih

Resep Bakwan Sayur yang Gurih

Bakwan adalah salah satu camilan yang banyak disukai warga Indonesia. Biasanya, gorengan ini dijadikan sebagai ‘teman’ ketika bersantai, baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi, jika kamu memadukannya dengan teh hangat atau kopi. Hmm, nikmat dan menggugah selera.

pengorengan bakwan

Varian bakwan sendiri ada banyak. Mulai dari bakwan jagung, bakwan tahu, bakwan udang, dan bakwan sayur. Di antara jenis-jenis tersebut, nama terakhir pasti sering kamu temukan dan beli di tukang gorengan. Tapi, tahu gak sih kamu kalau sebenarnya bakwan sayur itu bisa dibuat di rumah dengan sangat mudah?

Yap, resep bakwan sayur memang tidak sulit. Maka dari itu, sebaiknya kamu coba buat sendiri aja. Selain bisa lebih hemat, kualitas higienis atau kebersihannya pun terjamin. Jadi kamu nggak perlu khawatir akan terkena penyakit sehabis makan bakwan sayur.

Dengan membuat bakwan sayur di rumah, kamu juga bisa dengan bebas berkreasi. Nah, untuk membantu kamu, nih Kata ShopBack kasih ragam resep bakwan sayur yang gampang, praktis, dan dijamin pasti berhasil!

Baca Juga : Resto Sajian Sambara Bercitarasa Otentik

  1. Bakwan Sayur Original

Bakwan Sayur Original

Buat kamu yang nggak pernah membuat bakwan apalagi masak, coba aja mulai dengan resep yang paling sederhana, yaitu bakan sayur original. Bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat dan proses pembuatannya nggak ribet kok.

Bahan-bahan Bakwan Sayur Original:

  • 250 gram kol, iris tipis
  • 150 gram wortel, potong seukuran korek api
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 175 gram tepung terigu
  • 250 ml air
  • 5 siung bawang putih, diparut
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak untuk menggoreng
  • Garam dan penyedap rasa sekucupnya

Cara Membuat Bakwan Sayur Original:

  1. Campur tepung terigu, garam, penyedap rasa, dan air. Aduk hingga tidak ada yang menggumpal.
  2. Tambahkan telur dan bawang putih, aduk rata.
  3. Masukkan kol, wortel, dan daun bawang. Kemudian kembali diaduk.
  4. Ambil satu sendok adonan, goreng dalam minyak panas. Angkat, tiriskan.
  1. Bakwan Sayur Crispy

Bakwan Sayur Crispy

Hampir semua orang pasti suka yang crispy atau berkriuk ketika menyantap makanan yang digoreng. Berlaku pula untuk bakwan sayur. Tak heran, gurihnya kriuk berpadu dengan sayur-sayuran terasa sangat lezat.

Baca Juga : Kuliner Khas Kota Batu

Bahan-bahan Bakwan Sayur Crispy:

  • 1 buah wortel, iris memanjang
  • 150 gram kol, iris halus
  • 100 gram tauge
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 50 gram tepung beras
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula
  • Air secukupnya
  • 1 sdt merica bubuk
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Bakwan Sayur Crispy:

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung maizena. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental.
  2. Masukkan telur ayam yang telah dikocok ke dalam adonan. Aduk sampai rata.
  3. Lalu tambahkan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan. Aduk kembali.
  4. Kemudian masukkan wortel, kubis, tauge, dan daun bawang. Aduk hingga tercampur merata.
  5. Tambahkan garam, merica bubuk, gula, kaldu bubuk rasa ayam. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  6. Goreng adonan di atas api sedang.
  7. Goreng hingga berwarna cokelat keemasan.
  1. Bakwan Sayur Spesial

Bakwan Sayur Spesial

Walaupun sudah digoreng, terkadang ada anak-anak yang masih sulit juga makan sayur. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menyiasatinya dengan coba tambahkan jagung ke dalam bakwan sayur spesial ini. Rasa jagung yang manis pasti akan membuat anak kecil suka memakannya.

Bahan-bahan Bakwan Sayur Spesial:

  • 1 buah jagung manis, sisir bijinya
  • 150 gram kol, iris halus
  • 2 sdm makan irisan daun bawang
  • 50 gram tauge
  • 250 gram tepung terigu
  • 250 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 buah cabai merah
  • 1 cm kencur
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt ketumbar

1 sdt garam

  1. Cara membuat Bakwan Sayur Spesial:
  2. Campurkan jagung, kol, daun bawang, dan tauge di dalam satu wadah.
  3. Tambahkan tepung terigu dan bumbu yang dihaluskan.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai merata.
  5. mbil adonan sesendok sayur penuh. Goreng dalam minyak panas sampai kecokelatan.
  6. Ulangi terus hingga adonan habis.
  7. Ambil dan sajikan.

Semua resep bakwan goreng ternyata gampang banget, kan? So, buat kamu yang udah kepengen bakwan sayur jadi menu buka puasa, langsung aja bikin. Eits, tapi pastikan dulu semua bahan yangdibutuhkan sudah lengkap ya.