Resep Bika Ambon yang Nikmat

Resep Bika Ambon yang Nikmat – Sambil menikmati waktu santai, rasanya memang enak banget kalau kita mengunyah camilan. Tak perlu beli jauh-jauh, bikin sendiri di rumah juga bisa, kok.

Salah satunya dengan mengolah bika ambon yang nikmat. Makanan khas Medan Sumatera Utara ini memiliki tekstur yang empuk dan kenyal serta rasanya cukup manis.

Bahan Membuat Bika Ambon

Cocok banget dinikmati kapan saja dan di mana saja. Apalagi, waktu kamu sedang berkumpul bersama keluarga di rumah. Nah, mumpung sedang di rumah, kenapa nggak memanfaatkan waktu senggang kamu untuk membuatnya sendiri aja? Yuk, intip resep bika ambon anti gagal berikut ini, wajib coba!

Sesuai dengan namanya, resep bika ambon yang pertama ini memang yang paling umum. Kamu semua pasti pernah bahkan sering menemuinya di toko-toko kue.

Baca Juga : Resep Membuat Semur Tahu Ayam dan Telur

Bahan-bahan Membuat Bika Ambon Sederhana :

50 gr tepung terigu

100 gr tepung kanji

100 gr gula pasir

¼ sendok teh garam

2 butir telur, kocok lepas

1 sendok makan margarin, cairkan

200 ml santan (bisa dengan 1 santan kemasan 65 ml lalu ditambah air)

¼ sendok teh kunyit bubuk atau pewarna makanan kuning

2 lembar daun jeruk

1 lembar daun pandan

1 batang sereh

Bahan Biang:

1 sendok teh ragi instan

1 sendok teh gula

50 ml air hangat

Baca Juga : Beberapa Macam Resep Kue Pukis

Membuat Bika Ambon

Cara Membuat Bika Ambon Sederhana:

  • Rebus santan bersama daun pandan, daun sereh, daun jeruk dan kunyit bubuk. Cairkan margarin yang sudah disiapkan secara terpisah dari santan.
  • Buat biangnya. Siapkan satu gelas kosong. Masukkan air hangat, ragi instan dan gula. Lalu, tutup gelas dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Siapkan adonan di tempat terpisah. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, gula, garam dan larutan biang. Tambahkan setengah santan. Aduk hingga rata. Tambahkan telur kocok. Tuangkan sisa santan sampai habis semuanya. Aduk adonan sampai kalis.
  • Sesudah adonan siap, tutup dengan kain serbet bersih selama 1 jam. Jika sudah, siapkan pemanggang kue yakni cetakan lumpur. Panaskan cetakan terlebih dahulu. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam cetakan pemanggang.
  • Diamkan hingga adonan mulai terlihat berlubang kecil-kecil. Tutup pemanggang, lalu biarkan hingga matang. Bika ambon yang sudah matang akan terlihat berlubang-lubang, mengembang dan kenyal.
  • Sesudah semuanya matang, angkat bika ambon dari pemanggang. Panggang semua adonan sisanya hingga habis. Sajikan bika ambon di piring.

So, resep bika ambon sebenarnya sangat mudah kan, Kamu nggak harus menjadi seorang koki andal agar bisa membuatnya sendiri. Cukup mengikuti langkah-langkahnya dari resep tadi, dan jadilah bika ambon original buatanmu.

Lagipula, kalau kamu bikin sendiri di rumah, kamu bebas mau membuat bika ambon dengan bahan-bahan kesukaanmu dan berkreasi sendiri.