Resep dan Cara Membuat Terang Bulan

Resep dan Cara Membuat Terang Bulan – Terang bulan merupakan salah satu camilan manis yang disukai oleh banyak orang, baik anak-anak hingga orang dewasa. Kudapan yang satu ini sebenarnya seringkali disebut dengan martabak manis. Saat ini, terang bulan hadir dengan berbagai macam varian topping yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Banyaknya varian topping tersebut membuat makanan ini semakin disukai banyak orang. Meski dapat dengan mudah ditemukan di sekitar rumah, kamu pun bisa membuat terang bulan sendiri di rumah. Yuk, intip resep terang bulan berikut yang mudah untuk kamu ikuti!

  1. Resep Terang Bulan Coklat

Terang Bulan Coklat

Meski hadir dengan berbagai macam varian topping yang bisa dipilih, terang bulan coklat tetap menjadi yang terbaik. Bagi kamu yang berniat membuat terang bulan di rumah untuk pertama kalinya, varian satu ini dapat menjadi pilihan terbaik. Mengingat coklat juga merupakan bahan yang dapat ditemukan dengan mudah.

Baca Juga : Cara Membuat Papeda yang Enak

Bahan-bahan Membuat Terang Bulan Coklat:

Tepung terigu 250 gram

Telur ayam 1 buah

Gula pasir 5 sendok makan

Soda kue ¼ sendok teh

Ragi instan ¼ sendok teh

Vanili ¼ sendok teh

Meses atau selai coklat 2 sendok makan

Mentega 2 sendok

Gula pasir 5 sendok makan

Air 350 ml

Cara Membuat Terang Bulan Coklat:

 

Campurkan tepung terigu dan juga telur dalam satu wadah. Tambahkan air secara perlahan dan aduk menggunakan mixer hingga merata dan pastikan adonan tidak menggumpal.

Diamkan adonan tersebut selama 30 menit untuk membuatnya mengembang dengan lebih sempurna.

Siapkan cetakan terang bulan dan panaskan kompor menggunakan api sedang. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan ratakan agar adonan sesuai dengan bentuk cetakan.

Diamkan beberapa menit hingga adonan tampak berpori dan matang secara menyeluruh. Setelah matang, angkat adonan dan olesi menggunakan margarin pada seluruh bagiannya secara merata.

Beri isian coklat sesuai dengan keinginan dan bahan yang telah kamu siapkan, baik itu selain coklat atau meses.

Potong terang bulan sesuai selera dan nikmati selagi hangat.

Baca Juga : Resep Memasak Cumi Asam Manis

  1. Resep Terang Bulan Keju

Terang Bulan Keju

Varian terang bulan lainnya yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang yakni terang bulan keju. Kamu yang begitu menyukai olahan keju tentu akan jatuh hati dengan varian satu ini.

Bahan-bahan Membuat Terang Bulan Keju:

Tepung terigu 200 gram

Telur 1 buah

Keju sesuai selera

Susu kental manis 1 bungkus

Baking powder ¼ sendok teh

Soda kue ¼ sendok teh

Ragi instan ½ sendok teh

Gula 50 gram

Margarin ½ sendok makan

Air ml

Cara Membuat Terang Bulan Keju:

Terlebih dahulu ayak tepung terigu dan baking powder agar tidak ada kotoran yang ikut. Campurkan secara merata dengan ditambahkan sedikit garam dan gula 25 gram.

Beri air sedikit demi sedikit dan aduk selama 10 menit. Pastikan tidak ada tepung terigu yang masih menggumpal.

Tutup adonan menggunakan serbet atau kain dan diamkan selama 30 menit agar adonan mengembang dengan sempurna.

Kocok telur dan masukkan ke dalam adonan yang telah didiamkan. Beri tambahan lelehan margarin, gula 25 gram, dan soda kue. Aduk berbagai bahan tersebut hingga merata.

Siapkan cetakan anti lengket dan olesi menggunakan margarin terlebih dahulu. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan masak hingga matang dan terlihat pori-pori. Saat matang, angkat adonan tersebut dan olesi kembali dengan margarin. Beri susu kental manis dan taburan keju di atasnya.

Potong terang bulan sesuai selera dan nikmati selagi hangat.

Kedua varian resep terang bulan yang telah disebutkan di atas bisa kamu pilih sesuai dengan topping favorit kamu. Agar pembuatan terang bulan lebih menyenangkan, jangan lupa untuk selalu sertakan ShopBack saat membeli bahan-bahan secara online di marketplace favorit ya! Ada cashback yang sudah menunggu kamu, lho!