Resep Kue Cubit yang Nikmat

Resep Kue Cubit yang Nikmat

Siapa yang tidak tahu kue cubit? Jajanan satu ini mudah ditemui di Jakarta maupun daerah manapun. Penjual kue cubit biasanya berjualan di sekitar pusat keramaian, seperti pasar, sekolah, dan tempat wisata. Dinamakan kue cubit lantaran penjual mengambil kue yang sudah matang dengan alat penjepit yang mirip seperti dicubit. Tekstur kue cubit sendiri cukup lembut dan empuk.

Kue Cubit

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue cubit pun terbilang simpel, yaitu tepung terigu, susu, telur, gula, mentega, dan pengembang. Soal rasa, biasanya, terdapat dua varian rasa, yakni orisinal dan cokelat. Namun, kini sudah banyak bermunculan rasa-rasa lain seperti keju, green tea, dan red velvet. Bahkan, ada pula yang menyajikannya setengah matang dengan berbagai topping unik di atasnya. Modifikasi kue ini sukses mengubah kue cubit menjadi jajanan kekinian.

Baca Juga : Resep Membuat Perkedel Tahu Kornet

Kamu bisa membeli kue cubit dengan mudah melalui gerai di pusat perbelanjaan atau kafe, sama diminatinya seperti kue pukis atau kue bolu kukus. Tapi, daripada repot-repot keluar rumah dan harus keluar biaya, mending kamu bikin sendiri aja di rumah. Gampang banget, kok. Nggak percaya? Nih coba intip dan ikuti beberapa resep kue cubit berikut.

Bahan-bahan yang tersedia di rumah kamu sangat terbatas? Jangan khawatir. Kamu sebenarnya juga membuat kue cubit dengan bahan yang ada di lemari dapur saja. Lebih irit!

Bahan-bahan Kue Cubit Versi Ekonomis:

Bahan Kue Cubit

  • 130 gram tepung terigu serbaguna
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram mentega, panaskan hingga meleleh
  • 3 butir telur
  • ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh garam
  • 150 ml susu cair
  • ¼ sendok teh baking soda
  • ½ sendok teh bubuk vanili
  • Topping pilihan sesuai selera (meises, chocolate chip, keju, dst)

Cara Membuat Kue Cubit Versi Ekonomis:

Baca Juga : Cara Membuat Bacem Tempe

Membuat Kue Cubit

  1. Kocok telur dan gula sampai mengembang di sebuah wadah bersih. Kamu bisa menggunakan alat pengocok (whisk) maupun mikser.
  2. Ambil wadah lain, campur tepung terigu, baking soda, baking powder, garam, dan bubuk vanili. Ayak perlahan hingga semua bahan kering tercampur rata. Tambahkan bahan kering dalam kocokan telur sedikit demi sedikit. Lakukan selang-seling atau bergantian dengan susu sambil diaduk rata. Pastikan adonan tercampur semua hingga tidak ada adonan yang menggumpal.
  3. Masukkan mentega yang sudah dilelehkan, aduk rata menggunakan spatula. Lalu, tutup adonan dengan kain serbet kering, diamkan sekitar 30 menit.
  4. Siapkan cetakan kue cubit. Panaskan cetakan di atas kompor dengan api paling kecil supaya bagian dasar tidak cepat gosong. Olesi cetakan dengan mentega. Tuang adonan hingga memenuhi setengah bagian cetakan. Adonan nanti akan mengembang, jadi tidak usah diisi penuh-penuh ya. Tambahkan topping sesuai selera, seperti meses atau keju. Tutup sebentar sampai bagian permukaan kue mengering dan matang.
  5. Setelah matang, angkat kue dari cetakan secara perlahan menggunakan garpu, pisau roti kecil, atau sumpit. Sajikan hangat.

Catatan:

Dengan adonan kue cubit yang sama, kamu bisa membuat bentuk jaring laba-laba. Setelah adonan didiamkan selama 30 menit, tuang adonan tersebut dalam botol atau gelas ukur. Panaskan cetakan kue cubit. Tuang adonan secara acak sampai membentuk jaring. Tutup sebentar supaya adonan matang dan mengering. Lalu, cungkil perlahan memakai spatula, hidangkan.