Resep Memasak Cumi Asam Manis

Resep Memasak Cumi Asam Manis – Cumi merupakan salah satu seafood yang enak dan disukai oleh banyak orang. Cumi sendiri biasa dihidangkan sebagai pelengkap seperti dalam tumis kangkung atau sambal.

Namun, nyatanya cumi juga bisa disajikan dengan berbagai macam olahan, mulai dari cumi goreng crispy, sambal cumi, cumi hitam, cumi asam manis, dan masih banyak lagi. Beragam olahan cumi tersebut memiliki cita rasa yang berbeda dan tingkat kelezatannya masing-masing. Diantara beberapa olahan cumi tersebut, cumi asam manis menjadi yang paling populer.

Terbukti dari banyaknya rumah makan yang menjual olahan cumi satu ini. Proses pembuatannya sendiri terbilang cukup mudah. Terlebih lagi apabila kamu juga ikut menyertakan ShopBack setiap kali akan memasak olahan cumi satu ini.

Berikut Resep Memasak Cumi Asam Manis yang Harus Di Coba :

  1. Resep Cumi Asam Manis Original

Cumi Asam Manis Original

Sesuai dengan namanya, cumi asam manis memiliki cita rasa yang manis dan sedikit asam di dalamnya. Perpaduan antara bumbu asam manis dan juga cumi tentu akan menciptakan sebuah masakan yang sangat lezat. Langsung saja, yuk siapkan berbagai macam bahannya dan buat olahan cumi asam manis untuk keluarga di rumah.

Baca Juga : Resep Bika Ambon yang Nikmat

Bahan-bahan Membuat Cumi Asam Manis Original:

Cumi segar ukuran sedang 1 kilogram

Saus tiram 1 bungkus

Daun bawang 2 buah

Air secukupnya

Kecap manis sesuai selera

Margarin

Bumbu Halus:

5 siung bawang putih

9 siung bawang merah

Bawang bombai 1 buah

Paprika merah 1 buah (tidak wajib)

Jahe dua ruas jari

Daun jeruk 5 lembar

Asam Jawa 2 sdm

Tepung maizena 1 sdm

Cabe rawit sesuai selera

5 buah cabe merah

Garam, bumbu penyedap, dan gula secukupnya

Cara Membuat Cumi Asam Manis Original:

Cuci cumi hingga benar-benar bersih, dan hilangkan kantung tinta hitamnya. Jangan lupa untuk juga mengambil tulang dan lemak cumi yang sebaiknya dibuang. Setelah selesai dibersihkan, tiriskan cumi pada sebuah wadah.

Potong cumi hingga menjadi beberapa bagian kecil atau potong sesuai selera kamu.

Haluskan bawang merah, bawang putih, dan juga cabe rawit. Masukkan garam dan gula pada bumbu halus secukupnya. Potong cabe merah, paprika, dan juga bawang bombai.

Panaskan minyak goreng dan beri margarin secukupnya. Tumis bawang bombai hingga wangi dan masukkan bumbu halus beserta bumbu lainnya seperti daun jeruk, jahe digeprek, cabe merah, dan paprika. Apabila tumisan bumbu telah berbau harum, kamu bisa langsung memasukkan cumi yang telah dipotong ke dalam wajan.

Selanjutnya masukkan saus tiram, asam jawa, dan juga kecap manis secukupnya. Tambahkan air secukupnya agar cumi dapat matang dengan sempurna.

Untuk membuat kuah asam manis cukup kental, kamu bisa mencampurkan tepung maizena dengan sedikit air. Masukan larutan tepung maizena saat cumi hampir matang.

Tunggu cumi benar-benar matang dan sajikan cumi asam manis selagi hangat.

  1. Resep Cumi Asam Manis Super Kriuk

Cumi Asam Manis Super Kriuk

Bagi kamu yang suka dengan olahan serba renyah, kamu bisa mencoba resep cumi asam manis super kriuk dengan ditambahkan bumbu asam manis. Kolaborasi keduanya juga akan menjadi olahan makanan yang tidak kalah lezat. Resep yang satu ini akan memberikan tekstur yang lebih renyah pada cumi yang akan kamu nikmati.

Baca Juga : Resep Membuat Semur Tahu Ayam dan Telur

Bahan-bahan Membuat Cumi Asam Manis Super Kriuk:

 

Cumi ΒΌ kilogram

Tepung serbaguna

Saus sambal, tomat, tiram

Gula secukupnya

Garam secukupnya

Jeruk sambal

Bumbu Halus:

 

Bawang putih 5 siung

Bawang merah 3 siung

Cabe merah 5 buah

Cabe rawit sesuai selera

Cara Membuat Cumi Asam Manis Super Kriuk:

 

Cuci cumi hingga bersih dan lepaskan dari kantung tinta hitam. Pastikan tulang dan lemak cumi juga telah kamu bersihkan dengan sempurna.

Potong cumi menjadi bagian yang kecil dan letakkan pada sebuah madah.

Siapkan tepung serbaguna dan letakkan pada dua wadah yang berbeda, yakni tepung basah dan juga tepung kering. Masukkan cumi pada tepung basah terlebih dahulu sebelum dimasukkan pada tepung kering. Proses ini akan membuat tepung crispy memiliki tekstur yang renyah.

Apabila seluruh cumi telah terbaluri dengan tepung, kini kamu bisa langsung menggoreng cumi crispy tersebut pada wajan hingga matang kecoklatan.

Haluskan bawang merah, bawang putih, dan juga cabe rawit. Tumis bumbu halus tersebut pada wajan yang telah dipanaskan hingga harum. Tambahkan sedikit air sebelum kamu masukkan berbagai macam saus (saus sambal, saus tomat, saus tiram) Jangan lupa tambahkan garam, gula, dan bumbu penyedap secukupnya dan tes rasa. Masukkan cumi crispy ke dalam bumbu tersebut dan aduk secara merata.

Hidangkan cumi crispy asam manis apabila bumbu dirasa telah tercampur secara merata.

Proses pembuatan cumi asam manis tentu terbilang cukup mudah dan cepat. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba resep olahan cumi satu ini. Segera persiapkan berbagai macam bahan dan alat masaknya sekarang juga. Jika belum lengkap, kamu bisa membelinya di marketplace online dan jangan lupa gunakan ShopBack saat bertransaksi. Selamat mencoba!