Resep Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap

Resep Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap

Ikan bakar menjadi salah satu jenis hidangan ikan yang cukup banyak diminati banyak orang. Daging ikan yang lembut dan segar, dibalut dengan bumbu oles yang nikmat, hhm, pastinya maknyus! Hidangan ikan bakar juga cukup populer, karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki perairan yang luas, sehingga produksi ikan sangat melimpah. Hampir dapat ditemui di banyak rumah makan yang menjual ikan bakar sebagai salah satu menunya.

Resep ikan bakar dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar di atas bara api. Ikan bakar biasanya diberi bumbu-bumbu supaya menghasilkan rasa ikan bakar yang nikmat. Umumnya ikan yang dipakai sebagai bahan baku utamanya adalah jenis ikan air tawar seperti ikan gurami, ikan mujair, ikan mas dan beberapa jenis ikan lainnya.

ikan nila mentah

Ikan bakar juga menjadi hidangan yang dapat disajikan di segala acara. Baik acara formal maupun acara informal. Saat ini varian ikan bakar dengan berbagai macam bumbu semakin berkembang. Banyak rumah makan yang menciptakan resep-resep baru dalam memasak ikan bakar. Hal ini membuat varian ikan bakar semakin beragam.

Baca Juga : Resep Bubur Ayam khas Jakarta

Meskipun menjadi makanan yang banyak ditemui di rumah makan dan berbagai acara, ternyata masih banyak yang belum mengerti resep ikan bakar yang lezat. Banyak orang yang mengira bahwa resep ikan bakar susah. Padahal resep memasak ikan bakar sangatlah mudah. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan juga sederhana dan mudah didapatkan. Bahkan kamu juga bisa membuat ikan bakar sendiri di rumah. Di bawah ini ada beberapa resep ikan bakar yang bisa kamu coba di rumah.

sambal kecap ikan bakar

Bumbu ini merupakan bumbu ikan bakar yang sangat populer. Ikan bakar dengan bumbu kecap merupakan jenis ikan bakar yang paling banyak disukai semua kalangan baik anak-anak, dewasa sampai lansia. Rasa ikan bakar bumbu kecap ini gurih, manis dan juga enak. Selain itu proses memasak ikan bakar dengan bumbu kecap sangatlah mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit.

Bahan Bumbu:

  • merica
  • jeruk nipis
  • garam
  • bawang merah
  • bawang putih
  • kecap manis

Cara Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap:

bakar ikan

Baca Juga : Cara Membuat Cimol Basah

  1. Langkah pertama haluskan garam, bawang putih dan juga bawang merah.
  2. Lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan juga kecap manis sampai merata.
  3. Kemudian oleskan bumbu tersebut ke ikan dengan merata.
  4. Selanjutnya kamu sudah bisa membakarnya di pemanggangan.
  5. Jangan lupa untuk mengoleskan kembali bumbu ke badan ikan sambil dibakar.
  6. Setelah matang, kamu bisa menyajikan dengan tambahan potongan tomat atau jeruk nipis.